Taman Baca di Taman Kota

kali dibaca


Perpustakaan mempunyai peran penting untuk mengetahui informasi. Pada saat ini perpustakaan merupakan salah satu sumber informasi yang memiliki kekutan yang sangat luas mencakup berbagai ilmu pengetahuan, teknologi, seni maupun politik.


Perpustakaan merupakan salah satu unit kerja yang menduduki posisi yang sangat strategis, ekonomis. dan geografis bagi upaya mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana dalam pembukaan UUD 1945 berperan sebagai sarana pelaksanaan belajar mandiri, pendidikan seumur hidup bagi individu maupun kelompok masyarakat.


Dengan adanya sebuah perpustakaan kita bisa memperoleh informasi dan ilmu yang berguna bagi masa depan kita. 


Pada masa sekarang ini banyak sekali orang beranggapan bahwa perpustakaan hanyalah sebuah ruangan sempit di ujung koridor sekolah yang penuh debu dan tidak menarik sama sekali, ditambah dengan  petugasnya yang galak dan koleksi bukunya yang sangat minim karena kebanyakan berisi buku-buku pelajaran yang sudah dimiliki para siswa.


Dari penilaian di atas tersebut. maka sangat diperlukan sekali pengenalan perpustakaan tersebut kepada para pengguna. karena mungkin mereka hanya mengumpulkan keadaan tersebut tanpa mengenal lebih jauh arti keberadaan sebuah Perpustakaan.


Untuk itu sangat diperlukan sekali pengenalan terhadap sebuah perpustakaan, bagaimana mungkin sebuah Perpustakaan akau didatangi banyak pengguna, jika Pepustakaan  sendiri tidak dikenal oleh para pengguna.


Untuk bisa memanfaatkan sebuah perpustakaan itu kita perlu mengenal perpustakaan persebut. Memupuk kemampuan memanfaatkan perpustakaan harus dimulai dengan mengenal organisasi dan jenis koleksi perpustakaan serta memiliki pengetahuan buku-buku referensi (acuan) yaitu mengenai ruang lingkup, isi dan susunannya.


Kita juga harus bisa meyakinkan para pengguna perpustakaan tersebut. bahwa perpustakaan itu sangat penting bagi kita dalam menunjang kegiatan belajar mengajar disebuah institusi.


Perpustakaan sangat penting untuk kita kenalkan kepada masyarakat Indonesia, terutama pada pelajar-pelajar yang memang sangat perlu dalam menunjang pendidikan mereka tersebut.


Seperti pengadaan perpustakaan ditengah taman kota yg sangat berguna bagi masyarakat yang berkunjung ke taman. Karena mereka mendapatkan banyk manfaat seperti  mendapat udara segar, rekreasi sekaligus ilmu.


Untuk itu kita sangat perlu untuk mengadakan promosi tentang Perpustakaan tersebut kepada masyarakat.


Promosi itu sangat pentig untuk memperkenalkan Perpustakaan tersebut, bagaimana sebuah Perpustakaan itu bisa berdiri, apa saja layanan yang ada di Perpustakaan dan apa manfaat dari Perpustakaan itu.


Oleh karena itu kami akan membuat perpustakaan sederhana atau bisa disebut Taman Baca yang berdiri di tengah taman kota dan kita juga akan mengadakan lomba madding yang dapat diikuti oleh anak tingkat SMA.


Lomba ini diharapkan dapat menarik minat masyarakat untuk datang ke Taman Baca, sedangkan Taman Baca tersebut bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat.


Dengan begitu maka diharapkan masyarakat dapat lebih sadar akan pentingnya perpustakaan bagi kehidupan mereka.


Tujuan Pendirian Taman Baca di Taman Kota

1. Untuk memenuhi tugas mata kuliah Kepustakawanan Indonesia

2. Untuk meningkatkan minat baca masyarakat .

3. Memfungsikan taman sebagai tempat belajar dan rekreasi.

4. Memfasilitasi kebutuhan akan ilmu pengetahuan dan informasi.

5. Meningkatkan kecintaan terhadap perpustakaan.

6. Memperkenalkan budaya baca lewat TBM Taman Kota.


Manfaat Taman Baca di Taman Kota

1. Masyarakat dapat menimba ilmu pengetahuan dan informasi dengan mudah

2. Meningkatkan minat baca masyarakat.

3. Menanamkan rasa cinta terhadap dunia perpustakaan lewat konsep TBM Taman Kota yang terkesan lebih relaks.

4. Memanfaatkan taman kota untuk tempat rekreasi sekaligus tempat belajar.

5. Menumbuhkan kepedulian terhadap ilmu pengetahuan dan informasi.


Kami ingin mendirikan Taman Baca di Taman Kota ini dengan tujuan supaya Taman Kota tidak hanya berfungsi sebagai tempat rekreasi saja, akan tetapi juga memiliki nilai edukasinya, sehingga orang yang berkunjung di Taman Kota tidak hanya bisa melepas kepenatannya saja, melainkan setelah mereka pulang dari Taman Kota, mereka juga mendapatkan pengetahuan serta pengalaman baru setelah membaca buku yang telah disediakan di Taman Baca tersebut.


Selain itu, Taman Baca tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Dengan membaca maka pengetahuan kita akan bertambah dan dengan membaca maka bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang cerdas serta tidak mudah dibodohi oleh bangsa lain.


Kami sebenarnya ingin mendirikan sebuah bangunan untuk menyimpan koleksi bahan pustaka yang dimiliki oleh Taman Baca ini, akan tetapi setelah kami berdiskusi ternyata ada salah satu dari teman kami yang mengatakan bahwa di Taman Kota itu tidak boleh didirikan bangunan yang bersifat permanen.


Oleh sebab itu, kami merubah konsep kami untuk tidak mendirikan bangunan yang bersifat permanen, melainkan kami akan mengganti bangunan tersebut dengan cara mendirikan stand yang sifatnya bisa dibuka dan ditutup, sehingga jika pagi hari hingga malam hari stand itu akan kami buka untuk menjajarkan koleksi bahan pustaka yang ada di Taman Baca tersebut.


Untuk malam harinya stand itu akan kami tutup guna melindungi bahan pustaka yang ada. Taman baca itu sendiri akan kami isi dengan koleksi berupa novel, komik dan buku bacaan yang ringan, supaya pembaca juga nyaman untuk membacanya serta tertarik untuk mengetahui isi dari buku tersebut.


Dengan adanya taman baca ini diharapkan pengunjung taman kota tidak hanya bersantai di taman dengan melamun maupun melakukan sesuatu hal yang kurang bermanfaat, akan tetapi pengunjung dapat memanfaatkan waktu luangnya dengan menambah wawasan mereka melalui membaca.


Pengunjung dapat meminjam buku yang ada di taman baca tersebut untuk dibaca di tempat yang pengunjung inginkan, mereka bisa membaca sambil makan, minum dan lain sebagainya.


Setelah pembaca selesai membaca, maka pengunjung diharapkan dapat mengembalikan buku tersebut ke stand taman baca supaya isi dari buku tersebut dapat dimanfaatkan oleh pengunjung lainnya.


Untuk mengatasi buku yang tidak dikembalikan atau hilang, maka prosedur peminjaman dilakukan seperti halnya di perpustakaan. Buku ini hanya bisa dibaca disekitar taman kota dan tidak boleh dibawa pulang, soalnya mengingat koleksi bahan pustaka yang terbatas.


Taman baca yang tidak dipromosikan mungkin kurang dikenal oleh masyarakat luas. Sehingga disini kami akan melakukan promosi dengan cara melakukan lomba yang akan diikuti oleh seluruh SMA sederajat yang ada di wilayah Semarang, dimana setiap SMA yang ingin mengikuti lomba harus mengirimkan delegasinya.


Lomba ini tentunya bertema “perpustakaan”, disini peserta bebas membuat hasta karya berbentuk apapun yang penting bertema perpustakaan. Untuk memberi tahukan tentang info lomba, maka sebelumnya kami akan menyebar pamflet, brosur ke beberapa SMA sederajat yang ada di wilayah Semarang.


Selain itu kami juga akan memasang MMT di tempat-tempat yang ada di wilayah Semarang. Lomba ini akan kami adakan di Taman Kota. Penyelenggaraannya setelah stand dan bahan pustaka sudah tertata rapi di Taman Kota serta siap digunakan.


Mengapa penyelenggaraannya setelah taman baca sudah siap dimanfaatkan?


Hal ini kami lakukan supaya masyarakat tahu bahwa di Taman Kota ada taman baca, dengan harapan mereka mau mengajak teman-temannya untuk memanfaatkan taman baca tersebut, sehingga taman baca tersebut dapat bermanfaat bagi banyak orang dan dapat meningkatkan minat baca masyarakat.


Konsep kami yang hanya menggunakan stand, mungkin membuat pembaca berpikiran kalau kegiatan kami ini tidak bisa bertahan lama karena di Taman Kota juga tidak boleh didirikan stand terlalu lama.


Disini kami berharap pemerintah setempat mempunyai terobosan baru untuk melestarikan Taman Baca tersebut supaya bisa tetap hidup dan memberikan manfaat bagi bangsa Indonesia.


Untuk itu disini kami akan menjalin kerjasama dengan pemerintah setempat untuk mendukung kegiatan kami tersebut. Kami berharap pemerintah setempat dapat memberikan kita izin untuk mendirikan Taman Baca tersebut.


Selain itu kami juga berharap mendapat bantuan dana dari Pemerintah Provinsi setempat guna pengadaan bahan pustaka serta untuk mendukung tercapainya tujuan Taman Baca tersebut.


Selain dengan Pemerintah Provinsi setempat kami juga ingin menjalin kerjasama dengan Perpustakaan Daerah Semarang. Kerjasama ini diharapkan dapat membantu proses pengadaan bahan pustaka untuk Taman Baca itu sendiri.


Selain itu disini kami juga ingin membantu mempromosikan Perpustakaan Daerah Semarang itu sendiri. Kami juga ingin menjalin kerjasama dengan pihak jurusan Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro, guna mendapatkan dukungan serta pengarahan dalam merealisasikan untuk mendirikan Taman Baca ini.


Penulis: Mas Gakusei

Previous Post Next Post