Pondok Pesantren Al Irsyad Kudus: Pesantren Putri Untuk Penghafal Al Qur'an

kali dibaca


Mau hafal Alquran dalam waktu singkat?


Di pondok pesantren Tahfidz  Al Irsyad Kudus ini kamu akan digembleng menjadi hafiz dan hafizah dalam waktu singkat (3 tahun).


Kudus, Jawa Tengah - Bagi umat Muslim, menjadi penghafal Alquran tentunya merupakan suatu keistimewaan. jadi, jika kamu tertarik untuk menghafalkan Alquran, kamu bisa banget lo mondok di Kudus, kota yang cukup terkenal dengan kota santrinya dan khususnya dalam kaderisasi penghafal Al Qur’an.


Di sana ada pondok pesantren yang khusus menerima calon-calon hafiz-hafizah yaitu Pondok Tahfidh Al Irsyad Kudus yang berada di Desa Ngembalrejo RT 06 RW 04 Kabupaten Kudus Jawa Tengah. 


Memiliki lahan yang mumpuni dan asri guna menopang pembelajaran tahfidz Al Qur’an. Pendirinya adalah Ibu Nyai Siti Khodijah.


Di pondok pesantren khusus untuk penghafal Alquran tersebut, jika lancar kamu bisa menyelesaikan hafalan Alquran dalam jangka waktu tiga tahun, dengan motto harian pesantren pesatren adalah “One Day 3 Juz”, yang mana setiap santri diharuskan untuk mengaji Al Qur’an guna menjaga hafalannya yakni dengan membaca Al Qur’an minimal 3 juz di setiap harinya.


Pondok yang dirikan pada 2010 itu, kamu akan belajar meliputi tiga hal pokok. Apa saja itu? Yakni menghafal al-Qur’an 30 juz sesuai dengan tajwid dan makhrajnya secara bacaan arab aslinya. 


Menghafal al-Qur’an dengan pemantauan secara intensif di setiap harinya guna menjaga hafalannya yakni dengan program One Day 3 Juz. Pembelajaran kitab Kuning guna menopang dalam memahami Al Quran seperti Tafsir, Fiqh, Adabut Tilawah, dll


Metode Pengajaran

Untuk penyampaian materinya ada beberapa metode yang dilakukan, mulai dari musyafahah, takrir, mudarosah dan Tilawah, yang merupakan metode menghafal khas PP Al Irsyad Kudus.


Tidak hanya fokus menghafalkan Alquran, para santri PP Al Irsyad Kudus juga diperbolehkan sekolah formal, Baik itu MTs, MA, ataupun kuliah, yang mana PP Al Irsyad Kudus di kelilingi oleh beberapa sekolah dan kampus yang mendukung dalam Kemajuan pendidikan yang tidak tersaingi oleh zaman.


One Day 3 Juz, pemantauan secara intensif yang dijalankan oleh PP AL Irsyad Kudus, yang mana dalam menjaga hafalan Al Qur’an itu lebih sulit daripada menghafalnya, maka dari itu program ini menjadi ciri khas dari pondok tersebut, dengan pemantauan dan pengecekan setiap minggunya. 


Apa hanya hafalan Al Qur’an saja? Tidak. PP Al Irsyad Kudus juga terdapat pembelajaran kitab kuning yang meliputi Tajwid dengan kitab matan jazariyah yang berjumlah 107 bait yang wajib dihafalkan guna mendalami ilmu tajwid secara mendalam.


Selain ilmu tajwid PP Al Irsyad Kudus juga memberikan pengajaran Tafsir tematik yakni tafsir Ayatul Ahkam yang menjelaskan tentang tafsir Al Qur’an yang berhubungan dengan hukum fiqih. Terdapat juga juga ilmu fiqih dengan kitab fathul Qorib, ilmu akhlaq dengan kitab ta’limul Muta’allim, hadis dengan kitab Hasyiyah Abi Jamroh, ilmu nahmu dan shorof dengan kitab jurumiyah.


Dan secara pemebelajaran kitab-kitab kuning tersebut yang menjadi ciri khas dari PP Al Irsyad Kudus adalah santri tidak hanya mengaji kitab kuning dengan tabarrukan atau mendengan saja, namun evaluasi dengan ujian berkala setian setengah tahun juga diadakan guna memantau hasil pembelajaran santri-santri PP Al Irsyad Kudus.


Tertarik? Jika iya, pondok yang kini sudah berdiri tegak dalam kurun waktu 10 tahun ini telah siap menerima  pendaftaran. Memiliki santri yang berasal dari berbagai penjuru Indonesia.


Menghafal Alquran memang bukan hal yang mudah. Tapi lebih sulit lagi untuk menjaga hafalan.


Info lebih lanjut silahkan hubungi CP :

WA : wa.me/6285600308610



(SF)

Previous Post Next Post