Manfaat Rempah-Rempah Untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh Di Era New Normal

kali dibaca

Covid-19 yang sedang mewabah keseluruh dunia yang diserang pada bagian tubuh  pernafasan manusia. Virus ini menular dan dapat menularkan siapa saja tanpa kenal usia. Penluarannya  melalui percikan cairan yang  berasal dari saluran pernafasan dan mulut, seperti bulitan yang keluar saat batuk atau bersin.


Orang yang memiliki imunitas kekebalan tubuh yang kurang bisa  menjadi salah satu orang yang mudah terpapar virus Covid-19. Untuk itu  perlu adanya pencegahan penularan dengan menerapkan protokol kesehatan.


Namun, tidak cukup dengan  menerapkan protokol kesehatan, kita juga perlu adanya upaya untuk menjaga kesehatan tubuh  seperti, berolahraga, makan makanan yang bergizi. Selain itu kita juga dapat memanfaatkan rempah-rempah yang ada dilingkungan kita untuk dijadikan minuman herbal berupa jamu.


Pemanfaatan rempah-rempah berupa jamu yang bisa meningkatkan imunitas pada tubuh. Pengolahan rempah-rempah bisa bermanfaat untuk kekebalan tubuh.agar tidak mudah tertular virus Covid-19 . 


Kini penyebaran virus covid-19  kian meluas, sehingga  siapapun dengan daya tahan tubuh yang  lemah bisa  tertular kapan saja. Upaya pencegahan dengan menerapkan  protokol kesehatan sangat penting untuk dilakukan  setiap individu atau orang.


Penggunaan masker baik dan benar  sangat dianjurkan bagi semua orang, bahwasannya  wajib memakai masker  apabila di ruang  public dan ditempat umum. Di samping itu, cuci tangan dengan sabun  dan air yang mengalir, dan memakai handsenitizer sangat dianjurkan.


Oleh karena  itu, pemerintah mengimbau kepada masyarakat, bekerja  dan belajar dari rumah serta menerapkan social  distancing atau menjaga jarak sosial minimal satu  meter saat di tempat umum. perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) untuk pencegahan virus Covid-19 dapat berupa  cara mencuci tangan yang baik dan benar, cara menjaga jarak secara fisik, dan cara menjaga kesehatan diri.  


Situasi seperti  spontan membuat masyarakat cemas akan kesehatan mereka, terutama bagi para  pedagang yang harus bekerja di luar dan beberapa  kelompok yang memang tergolong rentan tertular  virus corona ini. 


Sejauh ini, virus corona sering menyebabkan  gejala berat, bahkan kematian, pada orang-orang tertentu yang rentan terinfeksi virus corona, yaitu:  anak-anak, pekerja, orang dewasa yang mempunyai penyakit dan lansia termasuk kedalam kelompok yang sangat rentan terhadap penularan  COVID-19 dari lingkungan sekitarnya.


Salah satu  kelompok yang rentan terinfeksi virus corona adalah orang lanjut usia (lansia) berusia 60 tahun ke atas. Tidak hanya lansia para remaja dan orang dewasa juga bisa terpapar virus corona. 

Penduduk di Indoensia terutama lansia salah satu orang yang mudah tertular virus corona. karena semakin bertambahnya usia seseorang, semakin menurun produksi hormon, kekenyalan kulit, massa otot, kepadatan tulang, hingga kekuatan dan fungsi organ-organ tubuh.


Kemudian, sistem imun sebagai oelindung tubuh pada lansia pun tidak adapat bekerja dengan maksimal layaknya masih muda. Akibatnya, sulit bagi orang lansia dan orang yang memiliki riwayat penyakit dalam  untuk melawan berbabagi macam bakteri atau virus penyebab penyakit, termasuk infeksi virus corona ini.


Indonesia juga merupakan negara dengan keanekaragaman hayati baik flora dan fauna, sehingga rempah -rempah dengan mudah tumbuh di Indonesia. 


Rempah-rempah merupakan tanaman yang memiliki antioksidan tinggi yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Meningkatan kekebalan tubuh juga dapat menjadi bentuk pertahanan dalam melawan  virus corona. 


Ada banyak orang yang menanam rempah-rempah tradisional seperti jahe, sereh, laos, temulawak, dan kunyit. Ketersediaan rempah - rempah yang  dengan mudah ditemui disekitar warga, memiliki potensi untuk diolah menjadi minuman tradisioanl seperti jamu.


Salah satu cara mengolah tanaman rempah adalah dengan menjadikannya suatu minuman herbal. Bahan baku herbal yang dapat diolah sebagai minuman tradisional adalah kunyit, temulawak, jahe, dan sereh. Minuman tradisional rempah ini dapat meningkatkan imunitas tubuh dalam menghadapi pandemi covid-19.


Serta upaya yang harus dilakukan masyarakat untuk menjaga kekebalan tubuh berupa makan makanan yang bergizi, olahraga minimal 2 kali dalam seminggu dan minum minuman ramuan herbal yang baik untuk kesehatan.


Salah satu inovasi  dalam pencegahan virus corona ini adalah dengan meminum minuman herbal atau jamu.  Jamu ini terbuat  dari rempah-rempah seperti: Jahe yang bermanfaat membantu menjaga sistem  kekebalan tubuh. Hal ini agar tubuh tetap fit, dapat mencegah dan membunuh bakteri berbahaya dalam tubuh. Karena itu sistem kekebalan tubuh akan meningkat. 


Temulawak salah satu manfaatnya untuk menjaga kebugaran tubuh. Kunyit, manfaat dari  kunyit  yakni antioksidan, antitumor, dan  antikanker. Sebab senyawa yang terkandung  dalam kunyit yaitu kurkuminoid dan minyak atsiri mempunyai peranan dalam pemanfaatan  kunyit ini.

Antioksida adalah senyawa yang  dapat menangkal senyawa-senyawa radikal bebas. Senyawa kurkuminoid dalam rimpang  kunyit memiliki sifat sitotoksik yang dapat menghambat proliferasi sel-sel kanker dan dapat mengurangi dan menghilangkan bau, rasa gatal, dan mengurangi ukuran luka dari  kanker. 


Oleh karena itu, kunyit  memungkinkan untuk digunakan sebagai antiradang yang berguna dalam terapi pengobatan kanker dan tumor. Selanjutnya kayu manis, manfaat dari kayu manis ini adalah kandungan antioksida yang tinggi dalam kayu manis juga sangat berguna untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh kita, dengan manfaat rempah-rempah dapat menghindarkan tubuh dari serangan berbagai bakteri, kuman dan virus penyebab penyakit.


Terakhir adalah daun sereh, Salah satu manfaat daun sereh sereh adalah menurunkan demam. Kandungan daun sereh juga bisa membantu  mengeluarkan zat-zat berbahaya dari tubuh.  


Jadi manfaat dari jamu  atau rempah-rempah seperti, kunyit, jahe,temulawak dapat mendukung system metabolisme tubuh, anti jamur dan anti bakteri, meredakan peradangan, mencegah radikal bebas, meningkatkan imunitas pada tubuh, menyembuhkan flu dan batuk.


Pemanfaat jamu atau rempah-rempah juga dapat dilakukan dengan mengolah rempah-rempah  menjadi  produk yang bernilai ekonomis. Rempah-rempah juga bermanfaat bagi semua orang  khususnya para lansia  dan orang-orang yang beraktifitas diluar rumah, dan banyak orang-orang  belum mengetahui manfaat  jamu  bagi tubuh diera new normal ini. 


Penulis: Khoirotun Nisa'

Previous Post Next Post