Tetap Produktif Di Rumah Selama Masa Pandemi

kali dibaca


Saat ini penyebaran virus corona di Indonesia semakin meluas, jumlah kasus yang terpapar virus corona setiap harinya semakin bertambah.


Banyak negara termasuk Indonesia belum mampu menghentikan penyebaran karena belum ditemukan obat atau vaksinnya, sehingga dari pemerintah sendiri memberlakukan new normal life agar masyarakat bisa beraktifitas/bersosialisasi di era pandemi ini.


Memasuki masa pandemi ini tentunya banyak hal yang berubah dalam hidup kita, termasuk aktivitas sehari-hari. 


Dengan dikeluarkannya Surat Edaran Mendikbud Nomor 36962/MPK.A/HK/2020 menjelaskan supaya setiap proses belajar mengajar di sekolah maupun kampus disetiap perguruan tinggi menggunakan metode daring sebagai upaya pencegahan terhadap perkembangan dan penyebaran Coronavirus disease (Covid-19), mahasiswa dituntut untuk dapat beradaptasi dengan hal ini dan tetap berperan aktif menyandang tanggungjawabnya sebagai mahasiswa ataupu mahasiswi.


Namun tidak sedikit yang merasa tidak bersemangat sehingga menyebabkan adanya penurunan produktivitas bagi mahasiswa laki-laki maupun perempuan, banyak dari mereka yang menghabiskan waktunya dirumah hanya dengan melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat tanpa ada keinginan untuk melakukan self-development (pengembangan diri) dalam dirinya.


Penelitian yang saya lakukan dan yang akan saya bahas merupakan hasil pemikiran yang berasal dari keresahan saya pribadi, dimana saya dan beberapa teman merasakan menurunnya produktivitas di rumah selama masa pandemi.


Jadi, bagaimana caranya agar tetap bisa  produktif?


1. Kerja tuntas

Menanamkan budaya kerja yang produktif merupakan langkah pertama yang perlu dilakukan. Lalu selanjutnya, biasakan diri untuk bekerja secara tuntas. Kerja tuntas adalah suatu kemampuan untuk menyelesaikan tugas maupun tanggung jawab yang dibebankan kepada Anda hingga selesai.


2. Melakukan hobi

Setelah pekerjaan utama selesai, Anda bisa mencoba melakukan kegiatan lain sebagai variasi agar tidak jenuh. Hal ini karena ancaman bagi pekerja yang terpaksa bekerja di rumah memang rasa jenuh dan bosan. Dalam hal ini, Anda bisa melakukan hobi atau kegiatan yang Anda sukai. Contohnya antara lain:


Memasak

Anda yang suka memasak dapat mencoba berbagai resep baru, seperti resep bistik lidah, resep bublanina, atau resep susu pisang. Kalau ternyata hasil masakan Anda enak, bisa juga Anda mulai mencoba menerima pesanan untuk tambahan penghasilan. Tinggal lakukan promosi melalui status WhatsApp, WAG, dan media sosial. Anda juga bisa jualan di WhatsApp.


Bertanam

Tanaman hias sekarang ini sedang banyak peminatnya. Bagi Anda yang suka bercocok tanam, bisa melakukan kegiatan yang satu ini di halaman rumah. Selain nanti membuat rumah jadi sejuk dan indah, kegiatan bercocok tanam juga salah satu kegiatan yang bisa mengatasi stres dan membantu self healing. 


Menulis

Banyak celah di bidang ini. Anda yang senang menulis bisa menjadikan kegiatan menulis untuk self healing, menulis buku untuk berbagi, penulis lepas, content writer, blogger, penulis skenario, atau menulis jurnal harian untuk membantu Anda membuat rencana kerja mingguan untuk meningkatkan produktivitas. 


3. Disiplin

Bekerja dari rumah atau work from home membutuhkan sikap disiplin, terutama untuk urusan pekerjaan. Atur dan kelola pekerjaan berdasarkan skala prioritas. Kerjakan pekerjaan mulai dari yang paling penting dulu sehingga beban Anda akan menjadi sedikit berkurang.


4. Istirahat

WFH bikin capek? Jangan panik. Istirahat dalam waktu yang cukup, penting untuk dilakukan. Hindari kebiasaan begadang agar keesokan harinya Anda tidak mengantuk dan jadi tidak fokus. 


5. Managemen Waktu

Time management adalah proses mengelola atau mengatur berbagai kegiatan dalam ukuran waktu tertentu, sehingga akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam bekerja, sekaligus meningkatkan produktivitas kerja. 

Jika ingin tetap produktif di rumah selama masa pandemi, Anda butuh kemampuan untuk mengelola waktu dengan baik.


Beberapa tips lain yang dapat kita lakukan untuk mengisi kegiatan agar tetap produktif di masa pandemi: 


1. Membuat Jadwal Harian

Agar hari kita tidak terbuang sia-sia, maka sebaiknya kita membuat jadwal harian agar bisa tetap menghabiskan waktu dengan produktif. Kita bisa membuat jadwal harian dari mulai kita bangun pagi sampai kita tidur lagi di malam hari, tidak hanya membuat jadwal harian saja tetapi kita juga harus mengakplikasikannya.


Dengan membuat jadwal hari ini, hidup kita bisa semakin teratur dan tepat waktu. Kita juga dapat memprioritaskan mana hal yang penting yang perlu kita lakukan terlebih dahulu. 


2. Memanfaatkan waktu untuk hal yang bermanfaat

Mengingat kita menghabiskan waktu yang lama hanya di rumah saja, jika kita tidak melakukan kegiatan aktivitas sehari-hari pasti akan terasa bosan, oleh karena itu kita juga harus memilih aktivitas lain yang membantu meningkatkan efisiensi kerja dan kualitas hidup secara baik. Kegiatan tambahan ini untuk menambah pengetahuan. Seperti belajar bersama dengan teman secara online, diskusi atau seminar virtual. Selain itu, kita juga bisa memanfaatkan waktu luang untuk menjaga pola hidup sehat melalui pola makan, dan istirahat yang cukup. 


3. Membersihkan Rumah 

Dengan berdiam diri di rumah mendukung seseorang untuk lebih rajin membersihkan rumah untuk mengisi waktu luang mereka. Pekerjaan membersihkan rumah yang awalnya dikerjakan oleh orang lain karena kita sering menghabiskan waktu diluar rumah sekarang dapat kita lakukan sendiri. Mulai dari merapikan lemari baju, merapikan kamar tidur, membersihkan debu-debu yang ada di rumah atau sekedar menyapu dan mengepel rumah. 


4. Memasak 

Salah satu kegiatan produktif lainnya yang dapat dilakukan adalah dengan kita mencoba resep makanan baru yang sebelumnya belum pernah kita coba. Kebijakan pemerintah untuk stay di rumah membuat kita untuk tidak keluar rumah yang tentu saja untuk membeli makanan saja menjadi kendala. Oleh karena itu, kita bisa masak sendiri makanan sehat atau makanan favorite dengan buatan kita sendiri. Sehingga dengan demikian tidak hanya produktif di masa pandemi, namun juga bisa menyehatkan tubuh kita dengan memakan makanan yang kita buat sendiri. 


5. Olahraga

Olahraga sangat penting untuk tubuh kita apalagi dalam situasi pandemi saat ini. Olahraga di rumah bisa kita lakukan dengan berbagai cara salah satunya yaitu aerobic, workout atau yoga. Dengan kita rajin berolahraga, kita bisa tetap menjaga kesehatan apalagi di masa pandemi ini sangatlah penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Berolahraga tidak membutuhkan waktu yang lama, kita bisa memilih waktu yang senggang untuk kita melakukan olahraga walaupun hanya sebentar. 


6. Bercocok tanam 

Bercocok tanam adalah pilihan yang tepat untuk melakukan waktu luang saat pandemi. Bercocok tanam tidak selalu memerlukan halaman yang luas. Kita bisa bercocok tanam dengan menggunakan pot bahkan polybag yang dapat kita sesuaikan dengan kondisi rumah kita sendiri, seperti memilih tanaman hias, atau sekedar tanaman yang bisa kita konsumsi sendiri, seperti bayam, kangkung, cabai, kemangi, tomat, dan lain-lain.  


7. Melakukan kegiatan yang membuat kita senang

Setiap orang pastinya mempunyai kegiatan yang membuat diri mereka senang. Contohnya seperti menonton film, menonton youtube, menonton televisi, menonton live music bisa dapat kita lakukan kapan kita mau. Menonton juga dapat mengusir kejenuhan kita selama di rumah saja.


Untuk seorang perempuan, kita dapat melakukan kegiatan seperti melakukan perawatan wajah dan kulit tubuh. Berdiam di rumah adalah waktu yang tepat untuk kita melakukan perawatan, karena terbebas dari sinar matahari yang ditakutkan oleh kaum perempuan karena efek sinar matahari yang berpengaruh buruk pada kecantikan dan kesehatan kulit. 


Disadur melalui:
Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat 
Yoursay


Penulis:
Mya Shanti Rachmawati (KKN RADMILA IPMAFA)

Previous Post Next Post