Santripreneur Indonesia dan PGN Sukses Selenggarakan Pelatihan Business Plan di Cirebon

kali dibaca


Santripreneur Indonesia menggandeng PGN dalam menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Business Plan: Pemberdayaan Ekonomi Berbasis UMKM Pada Masa dan Pasca Pandemi Covid - 19 di Cirebon, 07 Oktober 2021. 


Kegiatan ini merupakan kegiatan Santripreneur Indonesia di bidang Edukasi dan Pelatihan bagi pelaku UMKM yang tergabung dalam Santripreneur Indonesia. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Inisiator dan Ketua Dewan Pembina Santripreneur Indonesia, KH. Ahmad Sugeng Utomo atau yang akrab dipanggil Gus Ut.


Kegiatan ini diikuti oleh 30 peserta sekaligus perintis dan pelaku usaha di Cirebon dan sekitarnya sesuai protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah. Sesuai dengan tema kegiatan ini, peserta akan mendapatkan pelatihan Pembuatan Business Plan sebagai persiapan untuk menjalankan sebuah bisnis. Atau juga bisa digunakan sebagai evaluasi bisnis yang sudah dijalankan oleh para peserta.


Gus Ut menyampaikan dalam sambutannya bahwa sebuah bisnis harus direncanakan dengan baik dan benar berdasarkan rancangan bisnis yang disebut dengan Business Plan.


“Business Plan ibarat seperti pedang. Senjata untuk perang. Kalau kita tidak punya senjata ya mati lebih dulu. Semua bisnis apapun itu harus dipersiapkan dengan jelas. Sasarannya siapa, modalnya berapa dan berapa lama balik modal. Masih banyak yang lain. Semua harus jelas dari awal dengan semua persiapannya.” Imbuh Gus Ut dalam sambutannya.


Selanjutnya, Gus Ut menambahkan bahwa mindset sebagai pengusaha harus visioner. Punya target dan impian yang jelas, sehingga pelaku bisnis akan lebih mudah untuk menentukan kebijakan yang tepat. “Semua perkembangan bisnis harus bertahap dan step by step. Insya allah”, tambah Gus Ut.


Kegiatan ini dilaksanakan di Verse Hotel CIrebon mulai pukul 09.00 hingga 15.00 WIB. Peserta mengikuti kegiatan sampai selesai dengan penuh semangat.


Previous Post Next Post