Holiday With Qur'an, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Adakan Pendampingan Tahsin Qur'an di Panti Asuhan Al-Jannah Semarang

kali dibaca

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) RDR Ke-77 Kelompok 10 UIN Walisongo Semarang melakukan kegiatan pengabdian berupa pendampingan tahsin Al-Qur'an di Panti Asuhan Al-Jannah, Tugurejo, Semarang (8/11/2021).


Kegiatan yang diadakan pada hari libur ini ditujukan kepada anak-anak asuh atau biasa disebut juga dengan santri Panti Asuhan Al-Jannah.


Pendampingan tahsin Al-Qur'an dilakukan mahasiswa dengan menyimak, memperbaiki, serta melatih kemampuan membaca Al-Qur'an sesuai aturan dan intonasi bacaan yang benar.


Sabiq Kamalul Haq selaku pengasuh Panti Asuhan Al-Jannah mengungkapkan bahwa kegiatan ini biasa disebut dengan Holiday With Qur'an, serta merupakan kegiatan rutinan setiap hari libur dengan tujuan untuk mengasah kemampuan tartil dan mengisi waktu luang anak-anak panti dengan hal yang bermanfaat.


"Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mengisi waktu luang di hari libur sehingga para santri tidak selalu mengingat rumah dan tidak ingin cepat-cepat pulang ke rumah.

Selain itu terdapat reward atau penghargaan tersendiri yaitu pahala dan para santri menjadi gemar membaca Al-Qur'an sehingga bacaannya semakin baik", jelas Sabiq.


Para santri putra maupun santri putri mengikuti kegiatan tahsin Al-Qur'an yang diadakan di Musholla Panti Asuhan Al-Jannah. Pendampingan tahsin al-Qur'an yang dilakukan mahasiswa dimulai setelah subuh dan maghrib.


"Setelah sholat subuh dan maghrib secara berjama'ah, kami melakukan pendampingan tahsin Al-Qur'an kepada adik-adik di panti.

Selain melatih kemampuan membaca Al-Qur'an, kegiatan ini juga melatih kepercayaan diri mereka karena ketika membaca Al-Qur'an dianjurkan menggunakan microphone atau pengeras suara sehingga terdengar ke seluruh lingkungan panti", ujar Umar Kustiadi, salah satu mahasiswa KKN Kelompok 10.


Tim redaksi: Edukratif News



Previous Post Next Post