Peringati Hari Santri 2021, Tim Kkn Uin Walisongo Kelompok 113 Mengadakan Lomba Hari Santri Di Tpa Al Falah Sumowono Semarang

kali dibaca

Dalam rangka memeriahkan semarak Hari Santri Nasinal 2021, Tim KKN UIN Walisongo kelompok 113 mengadakan ajang lomba hari santri di TPA Al Falah desa Kemawi kecamatan Sumowono Semarang pada Rabu(27/10/2021). 


Tim KKN mengadakan beberapa cabang lomba sebagai bentuk perjuangan dan mengingat bahwa santri juga pahlawan bangsa.  Beberapa cabang lomba tersebuat yaitu lomba mewarnai kaligrafi, adzan, fashion show muslimah, estafet kelereng, joget balon, dan estafet sarung. Lomba ini dilaksanakan pada hari Rabu(27/10/2021). 


Lomba tersebut diikuti oleh anak-anak dari TPA Al Falah desa kemawi kecamatan sumowono Semarang yang dibagi menjadi dua kategori. Kategori pertama yaitu untuk anak TPA kelas 1-3 yang setingkat TK- SD kelas 3 dengan kisaran usia sekitar 5-9 tahun. Sementara kategori kedua diikuti anak TPA kelas IV-VI yang setingkat SD kelas IV-VI dengan kisaran usia sekitar 10-12 tahun. 


Hari Santri Nasional 2021 menjadi momen penting dan istimewa bagi para santri untuk diperingati setiap tahunnya pada tanggal 22 oktober. Sebab, peringatan ini sebagai pengingat peranan santri dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia hingga saat ini. 


Tahun ini, Hari Santri 2021 mengusung tema  “Santri siaga jiwa dan raga”, tema ini sebagai bentuk pernyataan sikap santri Indonesia agar senantiasa siap menyerahkan jiwa dan raga dalam membela tanah air, mempertahankan persatuan Indonesiam serta mewujudkan perdamaian dunia. Kita semua adalah santri, seperti halnya kutipan dari ungkapan KH. A. Mustofa Bisri bahwa “Santri bukan yang mondok saja, tapi siapapum yang berakhlak seperti santri dialah santri”. 



Sebagaimana juga dalam sambutan pembukaan lomba hari santri tersebut,  Bapak Bambang selaku kordinator TPA Al Falah menegaskas bahwa kita sebagai santri penerus bangsa harus membuka mata untuk mengetahui tentang sejarah diperingatinya hari santri, bahwa penetapan tanggal 22 oktober merujuk pada tercetusnya Resolusi Jihad yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia, dan Peringatan hari santri nasional memiliki makna sebagai bentuk apresiasi terhadap perjuangan santri dan ulama pesantren dalam mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia. 


Setelah semua cabang lomba selesai acara ditutup dengan pembagian hadiah kepada peserta yang menang pada masing-masing cabang lomba yang telah diikuti. Dalam acara tersebut, tentunya kami dari kelompok KKN 113 serta pihak-pihak yang berpartisipasi dalam acara itu, tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan. Semoga semangat perjuangan pendahulu kita untuk merebut kemerdekaan, senantiasa tetap tumbuh dan berkembang di setiap jiwa dan hati santri, Selamat Hari Santri Nasional 2021.


Tim redaksi: Edukratif News




Previous Post Next Post