Kriteria Sertifikat Pendaftaran SNMPTN 2022. Apakah Sertifikat OSIS Bisa Disertakan?

kali dibaca


Edukratifnews/Event - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah membuka pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2022. Simak aturan terkait sertifikat prestasi yang bisa digunakan untuk mendukung pendaftaran SNMPTN 2022.


Pendaftaran SNMPTN 2022 dibuka secara online sejak 14 Februari 2022. Pendaftaran SNMPTN 2022 berlangsung di link website Portal LTMPT Portal.ltmpt.ac.id dan https://snmptn.ltmpt.ac.id.


Salah satu penentu kelolosan pendaftaran SNMPTN 2022 adalah prestasi. Pendaftar SNMPTN 2022 bisa melampirkan sertifikat prestasi agar lolos seleksi.


Namun, sertifikat prestasi apa yang bisa mendukung seleksi pendadtaran SNMPTN 2022? Apakah sertifikat OSIS bisa digunakan untuk mendukung pendaftaran SNMPTN 2022?


Dilansir Kompas.com, Manajer SNMPTN 2022 dari LTMPT Riza Satria Perdana mengatakan, ada beberapa kebijakan dari LTMPT terkait kriteria sertifikat prestasi yang bisa digunakan dalam pendaftaran SNMPTN 2022. Salah satu kriterianya adalah tingkat prestasi.


“Kebijakan dari LTMPT untuk saat ini itu memang prestasi yang bisa disertakan pada saat pendaftaran SNMPTN minimal di level kabupaten/kota,” ujarnya dalam Sosialisasi Mekanisme Pendaftaran SNMPTN 2022 yang dilakukan secara daring melalui kanal YouTube LTMPT Official, Minggu (13/2/2022).


Oleh karena itu, sertifikat prestasi di tingkat sekolah, seperti sertifikat OSIS tidak bisa digunakan untuk mendaftar SNMPTN 2022. “Mohon maaf prestasi yang di tingkat sekolah tidak bisa dimasukkan,” imbuhnya.


Kebijakan tersebut dibuat lantaran pihak LTMPT ingin agar prestasi yang digunakan untuk mendaftar SNMPTN 2022 merupakan prestasi yang luar biasa. Pasalnya, pengisian sertifikat prestasi ini nantinya akan menjadi tambahan poin yang diberikan oleh perguruan tinggi ke peserta.


Sebelumnya, pada 2021, sertifikat prestasi di tingkat sekolah masih bisa digunakan untuk mendaftar SNMPTN. Namun kebijakan tersebut tidak berlaku pada pendaftaran SNMPTN 2022.



Kriteria sertifikat prestasi SNMPTN 2022


Berikut kriteria sertifikat prestasi yang bisa digunakan untuk pendaftaran SNMPTN 2022:


1. Bukti sertifikat prestasi


Pada halaman pengisian prestasi, peserta SNMPTN 2022 bisa melampirkan bukti kepemilikan sertifikat prestasi dalam bentuk pdf. Riza menjelaskan, pada laman pengisian prestasi, pihaknya memerlukan adanya bukti yang menunjukkan bahwa peserta benar-benar memiliki prestasi tersebut.


Oleh karena itu, pihaknya mengimbau agar peserta SNMPTN 2022 untuk melampirkan bukti kepemilikan sertifikat baik dalam bentuk sertifikat fisik maupun sertifikat elektronik. “Kami membutuhkan evident (bukti) yang bentuknya file pdf,” kata Riza.


Kendati demikian, e-sertifikat prestasi masih bisa dilampirkan dengan melakukan tangkapan layar pada laman yang memuat sertifikat prestasi tersebut. “Kalau memang misalnya itu bentuknya adalah sebuah situs. Mungkin salah satu alternatifnya adalah di-capture saja situs tersebut,” imbuhnya.


Setelah mengunggah file sertifikat prestasi, peserta juga harus mendeskripsikan prestasi tersebut secara singkat. Misalnya, juara I lomba Tari Tingkat Nasional yang diikuti oleh 100 peserta.


Tujuan dari pengisian deskripsi prestasi adalah untuk memudahkan penilai saat melakukan seleksi. “Diberikan deskripsi sehingga nanti bagi penilai itu akan mendapatkan gambaran yang cukup jelas. Ini prestasi apa, begitu,” jelas dia. Bagi peserta yang melampirkan e-sertifikat, bagian kolom deskripsi bisa menyertakan link situs yang memuat sertifikat tersebut.


2. Sertifikat sesuai dengan 17 bidang prestasi


Pada halaman pengisian prestasi, peserta bisa melampirkan dokumen prestasi mereka sesuai dengan jenis bidang yang sudah disediakan oleh sistem. Adapun jenis bidang yang dimaksud adalah sebagai berikut:


  • Olahraga
  • Seni rupa/lukis
  • Seni tari
  • Drama/sastra
  • Seni suara/musik
  • Pramuka/organisasi ekstrakulikuler
  • Penelitian
  • Olimpiade (lainnya)
  • Olimpiade matematika
  • Olimpiade fisika
  • Olimpiade kimia
  • Olimpiade biologi
  • Olimpiade astronomi & astrofisika
  • Olimpiade komputer
  • Olimpiade geografi
  • Olimpiade ilmu kebumian
  • Olimpiade ekonomi


Peserta bisa menyesuaikan sertifikat prestasi yang dimilikinya dengan memilih salah satu dari 17 pilihan bidang presetasi tersbut.


3. Sertifikat prestasi minimal tingkat kabupaten/kota


Sertifikat prestasi yang bisa digunakan untuk mendaftar SNMPTN 2022 adalah sertifikat prestasi minimal di tingkat kabupaten/kota. “Kami membatasi tingkat prestasinya paling rendahnya Kabupaten/kota ya tingkatnya,” kata Riza.


Berikut tingkat prestasi yang bisa digunakan untuk mendaftar SNMPTN 2022:


Kabupaten/kota

Provinsi

Nasional

Internasional

“Kalau ada yang punya prestasi tingkat sekolah, kami tidak akomodasi untuk di-upload di situ (red: halaman pengisian prestas),” imbuhnya.


4. Jenis sertifikat prestasi


Saat melampirkan prestasi, peserta juga perlu mengisi jenis sertifikat prestasi tersebut. Jenis sertifikat prestasi dibedakan menjadi dua, yakni individu dan kelompok. “Jadi ini (jenis prestasi) juga silakan disesuaikan (dengan prestasi yang dimiliki peserta),” imbuhnya.


5. Maksimal 3 sertifikat prestasi


Pengisian sertifikat prestasi pada pendaftaran SNMPTN 2022 dibatasi maksimal 3 sertifikat. “Bagi yang punya file prestasi, itu silakan di-upload dibatasi 3. Jadi silakan dipilih prestasi yang paling bagus,” kara Reza lagi.


Lebih lanjut, pihaknya juga menyarankan agar peserta tidak memaksakan untuk mengunggah sertifikat prestasi melebihi batas yang ditentukan. Pasalnya, hal tersebut sering terjadi pada pelaksanaan SNMPTN di tahun sebelumnya.


Pada halaman prestasi tersebut, terdapat 3 kolom prestasi yang masing-masing bisa digunakan untuk mengunggah sertifikat prestasi. “Jadi untuk pretasi yang pertama ini satu file isinya satu prestasi saja. Jangan banyak prestasi dimasukkan dalam sebuah pdf,” pungkasnya.



Syarat dan pendaftaran SNMPTN 2022


Sesuai pengumuman di situs resmi LTMPT, pendaftaran SNMPTN dibuka ada Senin 14 Februari 2022 pukul 15.00 WIB. Seperti tahun lalu, pendaftaran SNMPTN 2022 hanya berlangsung secara online.


Pendaftaran SNMPTN 2022 bisa dilakukan di Portal LTMPT di link Portal.ltmpt.ac.id. Selain di Portal LTMPT, pendaftaran SNPMPTN 2022 juga bisa berlangsung di link https://snmptn.ltmpt.ac.id.


Melansir laman resmi LTMPT, jalur SNMPTN dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dan atau portofolio calon mahasiswa. Kuota daya tampung setiap program studi yang disediakan untuk calon mahasiswa baru yang mengikuti SNMPTN paling sedikit sebesar 20 persen dari total daya tampung.


Setiap sekolah akan mendapatkan jumlah kuota jalur SNMPTN yang berbeda, sesuai dengan akreditasi dari sekolah tersebut.


Sekolah dengan akreditasi A akan mendapatkan kuota 40% terbaik di sekolahnya. Untuk sekolah akreditasi B, mendapat jatah kuota SNMPTN 2022 sebanyak 25% terbaik di sekolahnya. Sedangkan sekolah akreditasi C dan lainnya mendapat kuota 5% terbaik di sekolahnya.


Syarat pendaftaran SNMPTN 2022


Tidak semua siswa dapat mendaftar SNMPTN 2022. Hanya siswa yang sudah memenuhi syarat yang bisa bisa daftar SNMPTN 2022.


  • Berikut syarat pendaftaran SNMPTN 2022
  • Sudah memiliki akun di LTMPT
  • Akunnya sudah permanen
  • Termasuk salah satu siswa yang dinyatakan eligible oleh sekolah
  • Memiliki nilai yang lengkap yang dapat mendaftar di SNMPTN.


Berikut adalah tahapan pendaftaran SNMPTN 2022


1. Login di portal LTMPT dengan menggunakan alamat email dan password yang didaftarkan.

2. Siswa melakukan pendaftaran SNMPTN dengan mengisikan pilihan program studi (prodi) yang dipilih pada halaman PILIHAN.

3. Siswa mengisikan portofolio pada halaman PORTOFOLIO, jika prodi yang diplih mensyaratkan adanya dokumen portofolio. Jika prodi yang dipilih tidak mensyaratkan adanya dokumen portofolio, halaman PORTOFOLIO tidak perlu diisikan.

4. Siswa mengisikan prestasi pada halaman PRESTASI. Isian prestasi pada halaman ini bersifat tidak wajib, artinya isiannya tidak wajib ada. Silakan isikan prestasi yang sesuai dengan bidang dan tingkat prestasi yang pernah Anda dapatkan serta sesuai dengan prodi yang diminati.

5. Siswa melakukan finalisasi pada halaman FINALISASI jika semua isian data sudah diyakini kebenarannya. Setelah Anda melakukan finalisasi, isian data tidak dapat dibatalkan dan tidak dapat diubah dengan alasan apa pun.

6. Siswa mengunduh dan mencetak kartu registrasi.


Cara melihat kuota sekolah


Merujuk akun media sosial LTMPT, berikut cara untuk melihat kuota sekolah dalam pengumuman LTMPT:


Buka situs www.ltmpt.ac.id

Klik menu SNMPTN 2022

Masuk di sub-menu Kuota Sekolah

Pencarian sekolah yang diinginkan bisa menggunakan lokasi sekolah tersebut atau NPSN sekolah.


Tahapan selanjutnya adalah pendaftaran SNPMTN 2022. Pendaftaran SNMPTN akan dimulai 14 Februari 2022.  Berikut syarat dan cara daftar SNMPTN 2022


Ketentuan pemeringkatan siswa SNMPTN 2022


Pemeringkatan siswa dilakukan oleh sekolah yang pada dasarnya memperhitungkan nilai mata pelajaran sebagai berikut:


  • Jurusan IPA: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi
  • Jurusan IPS: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi
  • Jurusan Bahasa: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing
  • SMK: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian


Sekolah dapat menambahkan kriteria lain berupa prestasi akademik dalam menentukan peringkat siswa apabila ada nilai yang . Sementara itu, jumlah siswa yang masuk dalam pemeringkatan sesuai dengan ketentuan kuota akreditasi sekolah.


Syarat sekolah SNMPTN 2022


Sekolah yang bisa mendaftarkan siswanya di jalur SNMPTN 2022 harus memenuhi syarat sebagai berikut:


  • SMA/MA/SMK yang mempunyai NPSN Ketentuan akreditas: A (40 persen terbaik di sekolahnya), B (25 persen terbaik di sekolahnya), C dan lainnya (5 persen terbaik di sekolahnya)
  • Mengisi PDSS berupa data siswa yang eligible sesuai dengan ketentuan


Pilihan Program Studi SNMPTN 2022


  • Setiap siswa dapat memilih dua program studi dari satu PTN atau dua PTN
  • Jika memilih dua program studi, salah satu harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya. Jika memilih  satu program studi, dapat memilih PTN yang berada di provinsi mana pun.
  • Disarankan tidak  lintas minat (tergantung ketentuan PTN yang dituju)


Jadwal pelaksanaan SNMPTN 2022:


  •     Penutupan Masa Sanggah Kuota Sekolah: 17 Januari 2022
  •     Registrasi Akun LTMPT Sekolah: 4 Januari-10 Februari 2022
  •     Registrasi Akun LTMPT Siswa: 10 Januari-15 Februari 2022
  •     Sosialisasi PDSS: 1 Desember 2021-8 Februari 2022
  •     Sosialisasi SNMPTN 2022: 1 Desember 2021-28 Februari 2022
  •     Launching kegiatan PMB: 4 Januari 2022
  •     Penetapan Siswa Eligible: 4 Januari-8 Februari 2022
  •     Pengisian PDSS: 8 Januari-8 Februari 2022
  •     Pendaftaran SNMPTN: 14-28 Februari 2022
  •     Pengumuman hasil SNMPTN: 29 Maret 2022


Itulah aturan penggunaan sertifikat prestasi untuk pendaftaran SNMPTN 2022 di Portal LTMPT. Jadi, silakan pilih prestasi terbaikmu agar mendapat nilai yang tinggi.


Sumber: Kompas.com


Pasang Iklan: Klik Disini



Previous Post Next Post