MTsN 1 Pati Raih Penghargaan Sekolah Adiwiyata

kali dibaca


EdukratifNews/Inspirasi - Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Pati mendapat penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyata Tahun 2021. Penghargaan diserahkan oleh Bupati Pati, Haryanto, di Pendopo Kabupaten, Jumat, 18 Februari 2022.

 

Sebelumnya, MTsN 1 Pati juga ditetapkan sebagai Madrasah Riset dan Madrasah Unggulan Akademik Nasional.  Selain MTsN 1 Pati, ada sebelas sekolah yang juga mendapat Adiwiyat, yaitu SMPN Tayu, SMPN 2 Gunungwungkal, SD Rajawali Juwana, SDIT Yaumi Fatimah Pati, SMPN 4 Juwana, SDN Pakem 01 Kecamatan Sukolilo, SDN Tajungsari 02 Kecamatan Tlogowungu, SDN Tlogowungu 01 Kecamatan Tlogowungu, SMP Kanisius Juwana, SMPN 1 Gabus, dan SMPN 3 Juwana Kecamatan Juwana.

 

“Sampai dengan tahun 2021, di Kabupaten Pati sudah terdapat 177 sekolah adiwiyata, baik sekolah adiwiyata kabupaten, sekolah adiwiyata provinsi, maupun sekolah adiwiyata nasional, dan sekolah adiwiyata mandiri,” jelas Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pati, M. Tulus Budiharjo, Jumat, 18 februari 2022.


Bupati Pati, Haryanto mengapresiasi keberhasilan MTsN 1 Pati menjadi Sekolah Adiwiyata. “Saya mengucapkan selamat kepada Bapak Kepala MTsN 1 Pati yang telah mendapatkan Adiwiyata Kabupaten,” ujarnya.

 

Ia menjelaskan bahwa pendidikan tidak selalu berkaitan dengan pendidikan anak-anak saja, tetapi juga  mencintai lingkungan hidup maupun budaya. “Kalau lingkungannya asri, kemudian tertata dengan baik, berbudaya baik, sudah barang tentu pendidikan akan lebih nyaman. Dan ini bukan untuk diri kita pribadi, tetapi untuk generasi-generasi yang akan datang,” ujar Haryanto.



Pemerintah Daerah melalui Dinas Lingkungan Hidup setiap tahun menyelenggarakan lomba adiwiyata. Tujuannya, memberikan motivasi kepada kalangan pendidik.

 

“Hari ini tidak semuanya mendapat, tetapi MTs mau berpartisipasi dan sekaligus mendapatkan juara. Kami memberikan apresiasi yang luar biasa. Selamat kepada MTsN 1 Pati,” ucapnya.

 

Hal senada disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati, Ali Arifin. Ia mengapresiasi prestasi MTsN 1 Pati.

 

“Selamat kepada Bapak Kepala MTsN 1 Pati, beserta teman-teman jajarannya, dewan guru yang terlibat keluarga besar MTsN 1 Pati yang telah meraih berbagai macam prestasi dan disusul oleh penghargaan Adiwiyata,” ucapnya.

 

Penghargaan yang diterima MTsN 1 Pati, menurut Arifin, merupakan prestasi yang membanggakan. Sebab, prestasi ini juga membawa nama baik madrasah di tingkat kabupaten, provinsi, maupun nasional.

 

“Semoga prestasi ini membawa manfaat bagi siswa-siswi MTsN 1 Pati. Secara makro akan membawa dampak di lingkungan madrasah yang ada di Kabupaten Pati,” pesan Arifin.



Kepala MTsN 1 Pati, Ali Musyafak bersyukur atas penghargaan Adiwiyata yang telah diperoleh. Apalagi, MTsN 1 Pati merupakan satu-satunya madrasah yang memperoleh penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyata Kabupaten Pati Tahun 2021.


“Alhamdulillah, sangat bersyukur karena MTsN 1 Pati satu-satunya madrasah yang memperoleh penghargaan sebagai madrasah/sekolah adiwiyata. Ini merupakan rahmat Allah dan hasil usaha keras seluruh warga madrasah. Untuk itu, kami ucapkan terima kasih kepada tim penggerak dan para pejuang madrasah yang telah bekerja secara cerdas, keras, dan ikhlas,” tuturnya. 


Sumber: medcom.id



Pasang Iklan: Klik Disini

Previous Post Next Post