Ayo Makan Ikan, Mahasiswa Pengabdian Masyarakat UTM (Universitas Trunojoyo Madura) Sosialisasikan GEMARIKAN untuk Anak-anak SD

kali dibaca


EdukratifNews/Inspirasi - Ngagel, 03/06/2022-Mahasiswa Pengabdian Masyarakat Kelompok 2 Universitas Trunojoyo Madura 2022 memberikan sosialisasi dan edukasi mengenai GEMARIKAN (Gerakan Gemar Makan Ikan) kepada anak-anak sekolah dasar di Desa Ngagel


Rendahnya tingkat konsumsi ikan di Indonesia membutuhkan perhatian khusus. Kampanye Gemar Makan Ikan merupakan program yang dikembangkan oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP).


Dengan makan ikan, asupan gizi yang cukup daoat meningkatkan imunitas tubuh, terutama bagi anak-anak.


Sosialisasi edukasi ini diberikan khususnya untuk anak-anak yang masih membutuhkan banyak gizi dan umumnya anak-anaklah yang paling susah untuk mengkonsumsi ikan.


Sosialisasi ini dilakukan menggunakan media visual (poster) yang persuasif agar menarik perhatian serta memberikan makanan olahan dari ikan berupa bakso ikan goreng.


Sosialisasi Edukasi GEMARIKAN

Mengkonsumsi ikan dapat meningkatkan daya tahan tubuh dikarenakan mengandung protein sebagai sumber pertumbuhan, omega 3, vitamin A, D, B6, B12, mineral, zat besi, yodium.


Selain itu ikan juga tidak mengandung asam lemak jenuh. Hal lain adalah harga ikan jauh lebih murah dibandingkan sumber protein lainnya.


"Program GEMARIKAN ini bertujuan untuk mengimbau dan mengajak masyarakat Desa Ngagel dalam upaya meningkatkan gizi dan imunitas.


Diharapkan tumbuhnya minat dan kesadaran mengkonsumsi ikan demi mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat dan cerdas melalui mengkonsumsi ikan" tutur Eni selaku PJ GEMARIKAN ini.


Penulis : Eni Sulisdiana Ningrum

Mahasiswa Agroekoteknologi Fakultas Pertanian Universitas Trunojoyo Madura

Dosen Pembimbing Lapang : Muhlis Tahir, S. Pd., M.Tr.Kom


Previous Post Next Post