Bersama Kelompok Tani “Subur Mulia” Desa Mlandi, Mahasiswa KKN MMK UIN Walisongo Belajar Bertani dan Menanam Seledri

kali dibaca


Mlandi, Wonosobo - Mahasiswa UIN Walisongo Semarang yang tergabung dalam tim Kuliah Kerja Nyata Mandiri Misi Khusus (KKN MMK) kelompok 38 kembali melakukan aksi dengan menyasar kegiatan bertema lingkungan yakni bercocok tanam seledri di lahan warga bersama Kelompok Tani “Subur Mulia” Desa Mlandi pada Rabu, 13 Juli 2022.


Adapun kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari divisi lingkungan KKN MMK kelompok 38 yang bertema “Jika Aku Menjadi”.


Menurut M. Aris Rinaldi Ritonga, yakni salah satu anggota divisi lingkungan KKN MMK kelompok 38 mengungkapkan bahwa program kerja ini bertujuan untuk mengajarkan kepada mahasiswa khususnya tim KKN dalam menambah pengalaman untuk bertani dan sebagai sarana untuk membaur bersama warga desa.


Selain itu, program kerja ini juga linear dengan tema KKN dari UIN walisongo yang mengusung tema go green dalam pelaksanaannya.


Kegiatan ini didampingi oleh salah satu anggota kelompok tani “Subur Mulia” Desa Mlandi, Anwaril. Selain bercocok tanam seledri, Anwaril juga mengajarkan bagaimana cara membedakan tanaman edamame yang sudah tua, yakni dengan melihat daun tanaman edamame yang sudah tidak segar lagi serta buah edamame yang terisi penuh.


“Saya sangat mengapresiasi adanya kegiatan ini, selain merasa terbantu dengan kerja sama para mahasiswa, kegiatan bertemakan lingkungan ini juga saya harapkan dapat menjadi pengalaman menarik yang menghasilkan produk dari hasil kerja para mahasiswa tadi, jadi tidak hanya sekadar pengalaman menjadi petani, tapi juga mereka dapat melihat hasil dari tanaman mereka di waktu panen nanti”, ungkap Anwaril.


Dengan luas lahan sekitar 3 hektar (3 ha), para mahasiswa bekerja sama dalam kegiatan bercocok tanam ini, diawali dengan mencabuti rumput serta tanaman edamame yang sudah tua dan layak panen, memilah dan membersihkan benih seledri yang bagus serta menanamnya di lahan yang sudah tersedia dari pagi hingga menjelang siang.


Diharapkan dengan adanya kegiatan bercocok tanam bersama kelompok tani desa ini mampu mengembangkan minat mahasiswa dalam mencintai lingkungan dan menjadi kegiatan bermanfaat yang lebih mengenal dan mempererat hubungan dengan warga desa setempat.



“Adanya kegiatan yang bertema lingkungan ini sangat bermanfaat untuk menambah pengalaman dalam bertani, apalagi untuk berkebun dan bertani di lahan seperti ini adalah pengalaman pertama saya, ternyata menanam seledri tidak semudah itu, perlu tenaga dan kesabaran ekstra juga agar batang benih seledrinya yang kecil tidak patah, di sini saya juga belajar untuk lebih menghargai petani karena pekerjaan ini ternyata tidak ringan” ujar Nisa ‘Ainun Mardhiyah selaku divisi kominfo yang ikut terjun dalam kegiatan dari tim KKN MMK UIN Walisongo kelompok 38 Desa Mlandi.


Penulis : Nur Amelia Ridha

Dokumentasi : Isnaeni Dewi Atmi Pamungkas (Tim Kominfo UIN Walisongo)


Edukratif News - Good News for Better Life


Pasang Iklan: Klik Disini

Previous Post Next Post