Tim KKN UNISNU Jepara Kelompok Desa Pendem 1 Berkolaborasi dengan IPNU-IPPNU Desa Pendem adakan Seminar Kesetaraan Gender dan Leadership

kali dibaca

Kembang, Tim KKN UNISNU Jepara Angkatan XIV Kelompok Desa Pendem 1 berkolaborasi dengan IPNU-IPPNU Desa Pendem, mengadakan Seminar Kesetaraan Gender dan Leadership pada Sabtu, 11 Februari 2023 di Gedung Muslimat NU Desa Pendem, Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara.

Mahasiswa yang tergabung dalam kelompok ini Adalah Ahmad Bambang Khoirul Afif, Hanik Izzatun Nikmah, Naili Nur Azizah, Nandi Rizki Hardianti, Kholisotun Ni’mah, Syah Feri Kurniawa (Prodi PAI). Bela Arini, Khoirul Amri, Muhammad Fahruddin, Triana Etika Saputri (Prodi PGSD). Hafidhotul Maaziyah (Prodi PGPAUD). Andi Surya Pratama, Mohammad Aldi Setiawan (Tehnik Informatika). Bima Bintang Maulana (Tehnik Sipil). Naili Rahma Yuliani (Perbankan Syariah). Dan Nurul Miftah (Hukum Keluarga Islam) dengan dibimbing oleh pembimbing lapangan yaitu bapak Sarwido, S.E.,M.M.

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat, diantaranya adalah IPNU-IPPNU, Muslimat NU, Fatayat NU, GP Ansor, serta Karang Taruna Desa Pendem.

Tujuan dari seminar ini ialah untuk mengingatkan tentang kesetaraan gender dalam kehidupan bersosial serta dalam berorganisasi.

Rangkaian acara dimulai dengan pembukaan yang dibawakan oleh moderator Naili Nur Azizah, lalu dilanjutkan dengan menyayikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars Syubbanul Wathon yang dipimpin oleh saudari Triana Etika Saputri.

Acara selanjutnya ialah penyampaian materi tentang kesetaraan gender dan leadership oleh narasumber Bapak Dr. Abdul Wahab, S.Sos., M.S.I., kegiatan seminar pun dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara narasumber dengan peserta seminar, dan terakhir ialah penyerahan plakat kepada narasumber serta penyerahan hadiah kepada ketiga penanya, dan ditutup oleh moderator.

Materi yang dibawakan oleh narasumber ialah tentang kesetaraan gender dalam kehidupan sosial maupun dalam berorganisasi.

Narasumber beberapa kali menyampaikan bahwa seorang perempuan juga dapat melakukan tugas yang sering dilakukan oleh laki-laki, begitupun juga sebaliknya.

Narasumber beberapa kali menyinggung bahwa seorang perempuan juga bisa menjadi seorang pemimpin, baik dalam kehidupan sosial maupun dalam berorganisasi.

Narasumber juga meningatkan bahwa seharusnya tidak ada pembeda dalam hal kepemimpinan bagi laki-laki dan perempuan, artinya perempuan juga memiliki hak untuk dipilih atau mengajukan diri sebagai pemimpin organisasi.

Bahkan pada hal tertentu juga perempuan dapat lebih diunggulkan sebagai pemimpin apabila perempuan tersebut lebih memiliki pengetahuan dan lebih mampu daripada kandidat laki-laki.

Koordinator kegiatan, Kholishotun Ni’mah mengatakan bahwa kegiatan seminar kesetaraan gender dan leadership berjalan dengan lancar dan tidak mengalami kendala yang cukup berarti.

Ia juga menambahkan bahwa peserta sangat antusias dan menyimak dengan khidmat saat narasumber menjelaskan materi. Koordinator Mahasiswa Desa (Kormades) KKN UNISNU Jepara Kelompok Desa Pendem 1.

Khoirul Amri berharap dengan adanya seminar ini, dapat menumbuhkan rasa keadilan para peserta dalam hal kesetaraan gender serta kepemimpinan, khususnya di organisasi. 

Kontributor : Khoirul Amri
Tim KKN UNISNU XIV Kelompok pendem 1

Edukratif News - Good News for Better Life

Pasang Iklan: Klik Disini



Previous Post Next Post