Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 UNIVET, Sukseskan Gerakan Literasi di TPA Ash-Shomad Sukoharjo

kali dibaca


Inspirasi - Literasi adalah kemampuan dan keterampilan yang wajib dimiliki oleh setiap individu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.


Namun, akhir-akhir ini sering kita temui anak-anak yang keterampilan atau kemampuan membaca, menulis dan menghitungnya rendah. Bahkan belum mampu berbicara dengan menggunakan kosakata yang benar.


Oleh karena itu, Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 Universitas Veteran Bangun Nusantara melaksanakan project/kegiatan “TERCATAD (Teras Baca TPA Ash-Shomad)” di Bendosari, Sukoharjo.


Saat kegiatan pembukaan edisi perkanalan, kegiatan tersebut dihadiri oleh 45 santri TPA As-Shomad serta 3 orang guru TPA, Takmir majid, Dosen Pembimbing project (DPP) dan 11 Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 selaku pelaksana project/kegiatan.


Sidanul Azib selaku ketua pelaksana kegiatan program tersebut dalam sambutannya menyampaikan bahwa program TERCATAD menjadi kegiatan yang berkelanjutan dan diharapkan Perpustakaan yang disediakan dapat menjadi solusi untuk anak-anak TPA Ash-Shomad agar dapat meningkatkan kemampuan atau keterampilan literasi sebagai bekal dalam mengatasi masalah dalam kehidupan sehari-hari.


Setiap hari Selasa, Sabtu dan Ahad sebelum mengaji para santri di dampingi mahasiswa PPG Prajabatan untuk membaca. 


“Selain itu, diharapkan guru TPA Ash-Shomad membantu menanamkan kebiasaan literasi di sela-sela menunggu antrean mengaji ataupun saat menunggu jam pulang TPA” Imbuh Pak Sidan


Para santri TPA sangat antusias mengikuti program TERCATAD, mereka memang sangat membutuhkan bimbingan literasi, semoga dengan adanya program ini anak-anak termotivasi untuk membaca” ungkap Ustadz Samsul sebagai guru TPA Ash-Shomad.


Menurut DPP (Dosen Pembimbing project), TERCATAD akan membawa perubahan bagi santri TPA Ash-Shomad, sehingga nantinya akan baik akhlaknya dan baik pula ademiknya. Dengan kunci mau membaca, berlatih dan pemberian bimbingan yang konsisten.” Tuturnya


Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi inspirasi bagi komunitas lain untuk bersinergi melakukan gerakan perubahan yang bermanfaat bagi lingkungan.


Tim Reporter: 
KELOMPOK 3 Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 yang terdiri dari: Sidanul Azib, Dwega Irfadhila, Eni Widiastuti, Puput Widayanti, Anindhita Nur Fitria, Mifta Binti Khasanah, Lilik Nuraini, Reza Mahardika P, Diyah fitri H, Fatimah Fajar S, Siti Hana Milatiyah.


Edukratif News - Good News for Better Life

Pasang Iklan: Klik Disini

Previous Post Next Post