Tradisi-Tradisi Khas Ramadhan di Berbagai Negara

kali dibaca


Spesial Ramadhan - Ramadhan adalah bulan suci dalam agama Islam dan dirayakan di seluruh dunia oleh umat Muslim. Berikut ini adalah beberapa tradisi khas Ramadhan di berbagai negara:


1. Indonesia
Di Indonesia, tradisi khas Ramadhan adalah pasar malam atau yang dikenal dengan nama Pasar Ramadhan. Pasar ini biasanya berisi berbagai jenis makanan dan minuman tradisional yang khas di bulan Ramadhan, seperti ketupat, sate, kolak, dan minuman jahe.


2. Mesir
Di Mesir, tradisi khas Ramadhan adalah makan sahur bersama keluarga dan teman-teman. Makanan yang disajikan pada saat sahur biasanya berupa bubur dan roti yang diisi dengan daging atau keju.


3. Turki
Di Turki, tradisi khas Ramadhan adalah makanan yang disebut iftar. Makanan ini biasanya disajikan bersama keluarga dan teman-teman pada saat berbuka puasa. Beberapa makanan yang khas di Turki selama bulan Ramadhan adalah baklava dan puding buah.


4. Maroko
Di Maroko, tradisi khas Ramadhan adalah memasak hidangan tradisional yang disebut harira. Hidangan ini terbuat dari kacang merah, daging, dan sayuran yang dimasak dalam kaldu daging. Harira biasanya disajikan bersama roti dan kue-kue khas Ramadhan yang lainnya.


5. Arab Saudi
Di Arab Saudi, tradisi khas Ramadhan adalah tarawih atau salat berjamaah yang dilakukan setelah berbuka puasa. Tarawih biasanya dilakukan di masjid dan dilanjutkan dengan kajian agama.


6. Pakistan
Di Pakistan, tradisi khas Ramadhan adalah berbuka puasa bersama. Masyarakat Pakistan biasanya menyajikan hidangan tradisional seperti nasi biryani, roti dan kebab untuk berbuka puasa bersama keluarga dan teman-teman.


7. Tunisia
Di Tunisia, tradisi khas Ramadhan adalah menyambut bulan suci ini dengan menyalaan lilin di jendela rumah dan di tepi jalan. Hal ini dilakukan sebagai tanda menghormati bulan Ramadhan.


Itulah beberapa tradisi khas Ramadhan di berbagai negara. Meskipun ada perbedaan dalam tradisi dan budaya, semangat dan kebersamaan selalu hadir dalam perayaan Ramadhan di seluruh dunia.


Edukratif News - Good News for Better Life

Pasang Iklan: Klik Disini
Previous Post Next Post