Ringankan Beban Masyarakat, Madrasah Darun Najah Distribusikan Air Bersih Ke Wilayah Pati Selatan

kali dibaca

Penulis : Imam Muhlis Ali*


Pati, 15/09/2023

Keluarga Besar Madrasah Darun Najah Ngemplak Kidul Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati mendistribusikan bantuan air bersih ke daerah kekeringan pada hari Kamis dan Jum'at, 14-15 September 2023. Bantuan ditujukan di daerah Kecamatan Jaken, Pucakwangi, Kayen, Jakenan.  


Kegiatan peduli pada sesama ini melibatkan berbagai unsur yakni guru dan siswa-siswi tingkat Raudlatul Athfal, Ibtidaiyah, Tsanawiyah dan Aliyah. 


Tujuan bantuan air bersih ini adalah sebagai perwujudan rasa peduli pada sesama anak bangsa. Disamping itu juga memupuk silaturahmi dengan masyarakat serta melatih para pelajar untuk memiliki kepedulian tinggi pada masyarakat. 



Menurut informasi dari kepanitiaan bahwa pengiriman air bersih difokuskan di beberapa Kecamatan wilayah Kabupaten bagian selatan yang memang banyak mengalami kekeringan. 


Volume air bersih yang dikirimkan mencapai ribuan liter air selama di bulan September 2023 ini. 


“Kemarin ada pengisian air bersih di beberapa desa berbeda Kecamatan yakni dengan membawa tanki air, blung besar dan ratusan air yang sudah dalam kemasan galon", ujar salah satu Guru Madrasah Darun Najah yang ikut kegiatan ini.


Dalam proses pengiriman air bersih pasti memerlukan sinergitas dan kerja sama dengan berbagai pihak mulai dari Yayasan Ronggo Kesumo, para guru, para siswa, ISDA-ISDAWATI, driver, sampai beberapa anggota masyarakat yang ikut berpartisipasi mengisi air dalam mobil tanki dan galon. Tentu saja ucapan terima kasih sangat pantas diberikan pada mereka semua.  


Salah satu sesepuh desa Triguno Kecamatan Pucakwangi, Bapak Ansori menyampaikan terima kasih kepada pihak Madrasah Darun Najah Ngemplak Kidul atas bantuan air bersih. "Kami khususnya warga dukuh Ketri RT 09 RW 02 desa Triguno Kecamatan Pucakwangi menyampaikan terima kasih pada Madrasah Darun Najah. Ditambahkan bahwa warga Triguno mengalami kekurangan air sejak pertengahan bulan Agustus".


Hal yang sama juga diutarakan oleh salah satu perangkat desa Karangrejo Kecamatan Pucakwangi, Bapak Suyanto. "Mudah-mudahan bantuan air bersih terus mengalir di desa-desa yang terdampak kekeringan. Kami mewakili warga mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang sudah membantu kami", tutur perangkat desa Karangrejo yang masih muda ini. 


Memang nusim kemarau yang panjang membuat beberapa wilayah di Jawa Tengah mengalami kekeringan. Salah satu Kabupaten yang paling terdampak adalah Kabupaten Pati khususunya bagian selatan. 


Terpantau saat bantuan air bersih tiba di lokasi, masyarakat antusias mengambil air. Di titik-titik lokasi sudah tersedia tempat air. Banyak warga yang penuh semangat membawa derigen bolak-balik demi memenuhi bak mandi, kebutuhan masak dan persediaan air minum. Salah satu warga desa Triguno Kecamatan Pucakwangi merasa senang sekali dengan bantuan air bersih ini. "Ya senang dibantu air bersih ini", tutur warga yang cukup tua ini. 


Sementara itu salah satu Guru Madrasah Darun Najah yang ikut  mengirim air bersih merasa senang dengan kegiatan sosial ini.

“Alhamdulillah banyak warga yang merasa sangat terbantukan adanya pendistribusian air bersih ini. Selain untuk kebutuhan sehari-hari, air bersih juga kita distribusikan untuk kebutuhan di Musholla dan Masjid. Semoga kekeringan segera berakhir,” jelasnya. Pun demikian dengan pendapat salah satu Siswa Madrasah Darun Najah yang cukup semangat membantu pengiriman air bersih ini juga merasa senang dan puas dapat meringankan beban masyarakat. 


Madrasah Darun Najah Ngemplak Kidul mengajak para warga untuk memberikan bantuan air bersih ke daerah kekeringan. 


*Kesiswaan MI Darun Najah
Reporter: Jurnalis Edukratif

Tulis Komentar

Previous Post Next Post