Peduli Covid-19, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Ajak Anak-Anak Berlatih Membuat Hand Sanitizer

kali dibaca


Inspirasi - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Dari Rumah angkatan 75 UIN Walisongo Semarang mengajak anak-anak berlatih membuat hand sanitizer. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja individu dalam pelaksanaan KKN dari rumah.


Seperti yang kita ketahui bahwasanya saat ini Indonesia masih dalam situasi pandemi Covid-19, bersamaan dengan itu pemerintah mewajibkan kita untuk selalu mematuhi protokol kesehatan, yang salah satunya kita harus selalu menyediakan hand sanitizer dalam setiap aktivitas.


Menjaga kebersihan tangan sangat penting karena tangan merupakan bagian tubuh yang rentan dan dengan mudah dapat menjadi tempat bersarangnya virus. Dengan hal ini, Mahasiswa KKN UIN Walisongo terdorong untuk mengajak anak-anak sekitar berlatih membuat hand sanitizer sendiri.


Kegiatan pelatihan pembuatan hand sanitizer ini diikuti oleh anak-anak warga Rt01/Rw01 didesa Meteseh. Banyak yang tidak tau bahwasannya kita bisa membuat hand sanitizer sendiri hanya dengan bahan-bahan yang ada disekitar rumah kita, diantaranya adalah daun sirih dan juga jeruk nipis.


Desi Nurfadlila salah satu anak yang mengikuti pelatihan merasa senang karena bisa mendapatkan pengalaman dan banyak ilmu baru yang dia dapat dalam kegiatan ini.


 “Saya baru tau ternyata cara pembuatannya dan bahan-bahan yang digunakan itu mudah dicari, saya merasa senang sekali bisa mengikuti kegiatan ini, semoga lain kali bisa belajar bersama lagi ya kak ” ujar Desi.


Dalam kegiatan kali ini mahasiswa juga didampingi oleh Ibu Istianah yang merupakan perwakilan dari PKK RW 01 di desa Meteseh.


“Kegiatan ini sangat bermanfaat dan saya sangat mengapresiasi, dengan ini anak-anak bisa belajar dan nantinya mereka juga bisa berbagi ilmu dengan teman-teman yang lain tentang bagaimana cara pembuatan hand sanitizer ini” kata Istianah


Selain pembuatan handsanitizer, mahasiswa KKN UIN Walisongo juga mengajak anak-anak untuk membagikan hand sanitizer hasil karya bersama ini kepada warga sekitar.


Selain mengajarkan anak untuk bersosialisasi dengan lingkunga, pembagian hand sanitizer ini juga diharapkan agar warga sekitar mengerti betapa pentingnya menjaga kebersihan tangan agar terhindar dari virus yang tidak diinginkan.


Kontributor: Syifa

Previous Post Next Post