Bedah Buku Biografi Syekh Yasin ibn Isa Al Fadani

kali dibaca


Waturoyo - (14/9/2021) Santri Darul Hadlonah mengikuti Kegiatan Bedah Buku Biografi “Syekh Yasin ibn Isa Al-fadani Sang Musnid Dunya Dari Nusantara” karya Amirul Ulum.


Acara ini dipimpin langsung oleh Saudari. Istiqomah selaku narasumber di Musholla bersama para santri. 


Syekh Yasin ibn Isa Al Fadani merupakan seorang ulama dunia islam yang memiliki mata rantai sanad keilmuan yang menyambung kepada para ulama-ulama besar.


Oleh karena itu, Syekh Yasin ibn Isa Al Fadani dijuluki sebagai Musnidu Al-Dunya (Ali Sanad Dunia). Hampir semua ulama pasca paruh kedua abad 20 M, mereka mempunyai sanad keilmuan yang tersambung dengan Syekh Yain ibn Isa Al Fadani. 


Dalam buku biografi dijelaskan bahwa gelar lain yang kerap disandangkan kepada Syekh Yasin adalah Bahrul Ulum atau Samudra Ilmu. Beberapa gelar tersebut menjadi bukti akan kedalaman ilmu beliau yang tidak diragukan lagi. 


Syekh Yasin ibn Isa Al Fadani  adalah ulama yang sangat mencintai ilmu, tekun menulis. Jika dikalkulasi Jumlah karya beliau kurang lebih mencapai 97 kitab yang terdiri dari ilmu hadits, ilmu fikih, ilmu ushul fikih, ilmu akhlak, ilmu falak dan ilmu-ilmu lain.


Beliau adalah  ulama yang mampu mencetak murid-murid hebat.  Sungguh banyak murid beliau yang tersebar di penjuru dunia.


Melalui kegiatan bedah buku kali ini kita dapat mengetahui biografi Syekh Yasin mulai dari kelahiran, riwayat pendidikan serta karya-karya yang fenomenal.


Kita dapat belajar meneladani akhlak beliau, kesederhanaan, ketekunan, keilmuan yang bersanad, spirit literasi membaca dan menulis  dan masih banyak lagi.


Previous Post Next Post