Santripreneur Indonesia dan PT Semen Indonesia Berikan Pelatihan Business Plan UMKM di Rembang

kali dibaca



EdukratifNews/Event - Santripreneur Indonesia menggandeng PT Semen Indonesia dalam menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Business Plan: Pemberdayaan Ekonomi Berbasis UMKM Pada Masa dan Pasca Pandemi Covid - 19 di Rembang 


Berlangsung pada Rabu, 13 Oktober 2021, kegiatan ini merupakan kegiatan Santripreneur Indonesia di bidang Edukasi dan Pelatihan bagi pelaku UMKM yang tergabung dalam Santripreneur Indonesia. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bapak Drs.H.  Akhsanudin Kadin Dindakop UKM Kab. Rembang didampingi oleh Inisiator dan Ketua Dewan Pembina Santripreneur Indonesia, KH. Ahmad Sugeng Utomo atau yang akrab dipanggil Gus Ut.


Kegiatan ini diikuti oleh 30 peserta sekaligus perintis dan pelaku usaha di Rembang dan sekitarnya sesuai protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah. Sesuai dengan tema kegiatan ini, peserta akan mendapatkan pelatihan Pembuatan Business Plan sebagai persiapan untuk menjalankan sebuah bisnis. Atau juga bisa digunakan sebagai evaluasi bisnis yang sudah dijalankan oleh para peserta.


Gus Ut menyampaikan dalam sambutannya bahwa Business Plan menjadi hal yang mendasar untuk memulai sebuah bisnis. Beliau juga menambahkan bahwa Santripreneur memiliki Business Plan yang bisa digunakan peserta untuk kedepannya.


“Business Plan ibarat seperti pedang. Senjata untuk perang. Kalau kita tidak punya senjata ya mati lebih dulu. Semua bisnis apapun itu harus dipersiapkan dengan jelas. Sasarannya siapa, modalnya berapa dan berapa lama balik modal. Masih banyak yang lain. Semua harus jelas dari awal dengan semua persiapannya.” Imbuh Gus Ut dalam sambutannya.


Selanjutnya, Gus Ut menambahkan bahwa mindset sebagai pengusaha harus visioner. Punya target dan impian yang jelas, sehingga pelaku bisnis akan lebih mudah untuk menentukan kebijakan yang tepat. “Semua perkembangan bisnis harus bertahap dan step by step. Insya allah”, tambah Gus Ut.


Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Drs. H. Akhsanudin selaku Kadin Dindakop UKM Kab. Rembang sekaligus membuka acara.


Beliau menyampaikan bahwa pemerintah kabupaten rembang siap mendukung perkembangan pelaku UMKM di kabupaten rembang dengan berbagai upaya terobosan dan program. “Peserta pelatihan yang sudah memiliki produk silahkan ke kantor langsung untuk dibantu pengurusan P-IRT dan lainnya. Intinya kami sudah menyiapkan berbagai macam terobosan dan program untuk mempercepat perkembangan UMKM di Rembang.”



Pak Akhsanudin menambahkan bahwa Bupati sudah menyiapkan program untuk mengembangkan pengelolaan tata kota untuk penyediaan ruang publik supaya di Rembang ada fasilitas untuk pertemuan, pasar kreatif dan kota wisata serta fasilitas lainnya.


Kegiatan ini dilaksanakan di Fave Hotel Rembang mulai pukul 09.00 hingga 15.00 WIB. Harapan setelah mengikuti kegiatan ini para peserta dapat mempersiapkan bisnisnya dengan rinci dan jelas menggunakan business plan. Peserta mengikuti kegiatan sampai selesai dengan penuh semangat.


Tim Redaksi: EdukratifNews



Previous Post Next Post