Asah Skill Kreatif, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Adakan Pelatihan Kerajinan Manik-Manik

kali dibaca


Edukratifnews/Inspirasi - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Reguler Dari Rumah (KKN RDR) ke-77 Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang mengadakan pelatihan kerajinan manik-manik bersama warga Desa Gombong, Kecamatan Pecalungan, Kabupaten Batang Selasa (16/11).


Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas warga serta diharap dapat menjadi pendongkrak ekonomi warga sekitar. Pelatihan  ini digelar di salah satu  rumah warga dan diikuti oleh ibu-ibu dari beberapa dukuh di Desa Gombong, antara lain dukuh Krajan, Dukuh Silombang, serta Dukuh Dukuh. Pelatihan ini berjalan dengan meriah. Kegiatan seperti ini memang belum pernah digelar sebelumnya, dan sengaja diadakan sebagai bentuk pengabdian terhadap masyarakat.


Santi, selaku salah satu fasilitator mengungkapkan bahwa pelatihan ini dapat mendongkrak perekonomian dengan bisa membuat souvenir pernikahan, serta bisa menambah kesibukan dari ibu-ibu yang biasanya menganggur.


“Dengan bisa membuat gantungan kunci, siapa tahu bisa kan kalau ada orang mau ada pernikahan bisa pesen souvenirnya di ibu-ibu. Nah itu bisa nambah pendapatan, daripada kalau siang hanya kumpul merumpi saja”, ungkapnya.



Para warga merasa senang dengan adanya pelatihan kerajinan manik-manik ini, karena memang belum pernah ada pelatihan yang sama.


“Iya, saya sangat senang dengan diadakannya pelatihan pembuatan kerajinan manik-manik ini. Sebelumnya belum ada pelatihan manik-manik dibikin gantungan kunci atau tas. Agak sulit sih, tapi menyenangkan. Rame juga yang ikut”, tutur Muna, salah satu peserta.


Afina Istifadah selaku penggagas berharap dengan adanya pelatihan kerajinan manik-manik ini bisa menambah kreativitas ibu-ibu Desa Gombong. Serta bisa dikembangkan menjadi salah satu tambahan sumber perekonomian. 


Kontributor: Afina Istifadah/1804046065/KKN RDR-77 UIN WALISONGO
Tim redaksi: Edukratif News



Previous Post Next Post