Peduli Kesehatan Masyarakat, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Lakukan Pemeriksaan Jentik-Jentik

kali dibaca

Edukratifnews/Inspirasi - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah (KKN RDR) melakukan pemeriksaan jentik-jentik di lingkungan rumah warga untuk mengantisipasi penyakit demam berdarah, Jum’at (05/11/2021). Memasuki musim penghujan seperti ini, jentik nyamuk seperti jenis Aedes Aegypti menjadi perhatian tersendiri. Tak terkecuali bagi warga Perumahan Bank Niaga Kelurahan Tambakaji, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang. 


“Hujan saat ini frekuensinya jarang sehingga potensi jentik-jentik itu akan bermunculan. Tidak hanya di Puskesmas Tambakaji kasus DB yang naik, tapi di seluruh Kota Semarang kasus DB meningkat tajam. Termasuk angka kematian juga bermunculan.” Ucap Mba Bella yang merupakan salah satu tim Tenaga Kesehatan Puskesmas Tambakaji.


 “Sebenarnya, di Perumahan Bank Niaga sudah dilaksanakan PJN seminggu sekali. Hanya saja, saat musim penghujan kesadaran akan kesehatan, kebersihan, dan pengawasan terhadap bibit nyamuk perlu ditingkatkan.” Ucap mba Rahma selaku warga sekitar Perumahan Bank Niaga. 


Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengurangi populasi nyamuk dan mencegah penyakit seperti Demam Berdarah Dengue (DBD). Adapun pemeriksaan jentik dilakukan pada setiap bak mandi, endapan air dispenser, dan genangan air yang ada di sekitar rumah warga misalnya pot bunga.


Dengan adanya PJN ini, tentu tim KKN RDR Kelompok 10 sangat senang bisa berkontribusi mengenai upaya pencegahan penyakit DBD dengan memberantas jentik-jentik.


Tim redaksi: Edukratif News




Previous Post Next Post