Bijak Berwisata, Mahasiswa KKN Adakan Edukasi Lingkungan Pada Anak

kali dibaca

Edukratifnews/Inspirasi - Dalam rangka menumbuhkan rasa cinta lingkungan, Mahasiswa KKN RDR ke 77 Kelompok 120 UIN Walisongo Semarang gelar Edukasi Lingkungan di SD N Wirogomo 02, Dusun Seseh, Desa Wirogomo, Kec. Banyubiru, Kab. Semarang. Acara dilaksanakan pada tanggal 16 November 2021.


Acara ini diikuti oleh Pak Handoko selaku Kepala Sekolah, Pak Budi selaku Wali Kelas, dan Mahasiswa KKN RDR ke 77 Kelompok 120 UIN Walisongo Semarang, serta 10 siswa SD.


Pak Handoko selaku Kepala Sekolah SD N Wirogomo 02 dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan ini sangat diperlukan oleh anak. Apalagi pendidikan cinta lingkungan memang harus ditanamkan sejak dini. 


"Penting rasanya jika anak-anak itu mendapatkan materi tentang cinta lingkungan." tuturnya


Rahmat Ade Putra salah satu anggota KKN RDR ke 77 Kelompok 120 mengatakan, Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta lingkungan sejak dini. Hal ini dilakukan karena perlunya pendidikan tentang cinta alam pada anak. 


"Berawal dari keresahan banyaknya orang yang membuang sampah sembarang." ujarnya


Selain itu, Rahmat juga menambahkan point dalam pemaparannya. Masih banyak wisatawan yang kurang sadar akan menjaga kebersihan lingkungan.


"Datang ke tempat wisata bersih, pulang malah membuang sampah sembarang. Hal semacam ini masih banyak dijumpai." tambahnya


Kalau hal itu dilihat oleh anak-anak, sangatlah tidak baik. Seharusnya kita sebagai orang dewasa mampu memberikan teladan yang baik tentang menjaga lingkungan. 


Akhir sesi, Rahmat memberikan pesan moral kepada anak-anak, yakni buanglah sampah pada tempat, jangan merusak tempat wisata, dan jagalah alammu seperti menjaga orang yang kalian sayangi.


"Jadilah orang yang bijak dalam berwisata, datang bersih dan pulang pun harus bersih. Cukup tinggalkan kenangan saja, jangan sampah." pungkasnya


Kontributor: Rahmat Ade Putra, Koordinator KKN RDR ke 77 Kelompok 120 UIN Walisongo Semarang
Tim redaksi: Edukratif News




Previous Post Next Post