Bermula Dari Hobi Menanam Bonsai, Tono Hasilkan Keuntungan Jutaan Rupiah

kali dibaca

Berawal dari hobi mengoleksi bonsai, Tono, pemuda asal Desa Medono, Kecamatan Kaliwiro, Kabupaten Wonosobo kini dapat menghasilkan keuntungan jutaan rupiah.

Bonsai merupakan tanaman hias yang mempunyai bentuk unik dan sudah lama diminati oleh banyak orang, khusunya pecinta tanaman hias. Tono salah satu pengoleksi sekaligus pembudidaya bonsai sejak 2015 silam. 

“Sebelum terjun ke budidaya bonsai awalnya saya masih mencari pekerjaan dan mencoba mengikuti pelatihan mekanik tetapi merasa bukan passion saya di situ, akhirnya saya mencoba membuat bibit bonsai di tahun 2015”, ujar Tono Senin (15/11)

Setelah mencoba membuat bibit bonsai siapa sangka bonsai tersebut ditawar oleh orang dengan harga yang lumayan. Akhirnya, Tono memutuskan untuk membudidaya bonsai sampai sekarang dan hingga bisa menghasilkan jutaan rupiah.

Tono mengatakan untuk harga bonsai bervariasi, mulai dari paling 50 ribu bahkan sampai kisaran 3 juta rupiah tergantung keunikan dari tanaman tersebut.

“Untuk harga bervariasi, mulai dari 50 ribu itu pun masih dalam proses pembuatan belum sepenuhnya jadi, dan untuk yang paling mahal saya pernah menjual dengan tawaran harga 3 juta rupiah”, ungkap Tono.

Selain membudidaya bonsai, Tono juga membudidaya tanaman hias lain yang menjadi ladang penghasilannya.


(Astry Risqi Widiani/1808076054/KKN RDR 77 UIN WALISONGO)


Previous Post Next Post