Berawal Dari Coba-Coba Buat Anyaman Plastik, Warga Desa Bolo Raup Untung Jutaan Rupiah

kali dibaca

 


Berawal dari coba-coba membuat kerajinan anyaman plastik, Ulin, warga Desa Bolo, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak dapat meraup keuntungan jutaan rupiah.


Ulin merintis usaha ini semenjak tahun 2014 dengan memanfaatkan bahan plastik. Para pekerjanya tak lain adalah tetangganya sendiri. Dari pesanan satuan sampai semakin lama peminatnya pun meningkat


“Awalnya hanya coba-coba, lalu ada peminat dan seiring berjalannya waktu, permintaan banyak. Jadi memutuskan untuk memilih usaha tersebut dan memproduksi sendiri. Dan alhamdulillah nya sekarang sudah memiliki banyak anak buah”, tuturnya Senin (15/11).


Kemudian, untuk mendukung susksesnya usaha yang dimiliki, Ulin memiliki teknik serta target pemasaran yang luas.


“Memilih target pemasaran yang lebih luas, menggunakan bahan kerajinan yang bagus serta berkualitas. Kami pastinya harus memiliki stok yang lebih banyak, khususnya di srumah karena buat jaga-jaga kalau ada permintaan banyak. Terkait teknik pemasaran, kami terjun langsung ke pasar-pasar atau toko-toko perabotan rumah tangga untuk melakukan pemasaran agar sampai pada target langsung”, ujarnya.

 

Selain itu, Ulin juga memiliki cara untuk mengatasi apabila usaha yang dimilikinya mengalami penurunan dengan mencari ide serta inovasi baru.


“Untuk mengatasi jika terjadi penurunan ya harus berusaha mencari ide baru yang lebih tren di pasaran yang banyak diminati masyarakat serta mencari inovasi-inovasi baru yang lebih trend lagi”, pungkasnya 


(Putri Ristiawati/1802036024/KKN RDR 77 UIN WALISONGO)


Previous Post Next Post