Mahasiswa KKN RDR-77 Kelompok 70 UIN Walisongo Semarang Melakukan Kegiatan Penanaman Bibit Pohon Mangrove Di Kepulauan Seribu

kali dibaca


Edukratif News - Mahasiswa KKN RDR Kelompok 70 UIN Walisongo Semarang melakukan kegiatan penanaman bibit pohon mangrove di salah satu pulau yang ada di Kepulauan Seribu yaitu Pulau Onrust. Sebanyak 10 bibit pohon mangrove ditanam oleh 10 mahasiswa KKN RDR Kelompok 70 UIN Walisongo Semarang. 


Penanaman bibit pohon mangrove dilakukan untuk memperluas area hijau sebagai ekowisata, mengurangi abrasi dan kerusakan ekosistem di sejumlah pulau sekitar Pulau Onrust (Pulau Cipir dan Pulau Kelor) yang semakin tergerus karena ombak laut yang begitu kencang.


Perawatan bibit pohon mangrove diserahkan kepada penjaga pulau yang bertanggung jawab dan memastikan tanaman mangrove tersebut tumbuh dan dapat mengurangi abrasi laut.


"Saat ini kondisi pesisir Jakarta bisa dibilang sebagai darurat Manggrove, ibukota membutuhkan benteng pertahanan dari tanaman serba bisa dan multi fungsi ini, harapan kami agar di setiap seluruh wilayah pesisir Jakarta bisa kembali ditanami pohon  mangrove" Bpk Latief, Minggu (7/11) pagi di Dermaga Kamal Muara.


Penelitian Geodesi ITB, menyebutkan bahwa beberapa pulau di Kepulauan Seribu akan hilang pada tahun 2020 mendatang, bahkan sepanjang 2,7 kilometer daratan wilayah Marunda (Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara) sudah mengalami abrasi parah selama kurun waktu 50 tahun terakhir.


"Sedikit banyaknya penanaman bibit pohon mangrove/bakau ini memang sangat penting bagi ekosistem di kepulauan seribu tepatnya di Pulau Onrust, karena banyak dari pulau-pulau yang ada di sekitar Pulau Onrust sudah banyak yang terkuras abrasi laut" Bpk Nase, Minggu (7/11) siang di Pulau Onrust.


Hasil pengamatan dilokasi, 10 mahasiswa KKN RDR Kelompok 70 UIN Walisongo Semarang dengan antusias dan semangatnya di tengah teriknya matahari,  para mahasiswa melakukan penanaman bibit pohon mangrove tersebut yang dilaksanakan sejak pukul 10.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB.


Sejumlah bagian dari Pulau Onrust yang terhampar pasir putih tersebut di beberapa bagiannya sudah mengalami abrasi cukup parah dan di sisi sebelah utara dari Pulau tersebut itulah para mahasiswa KKN RDR KELOMPOK 70 melakukan penanaman bibit pohon mangrove.


Tim redaksi: Edukratif News




Previous Post Next Post