Mahasiswi KKN UIN Walisongo Memberikan Tips Mudah Cara Membuat Hand Sanitizer

kali dibaca


Oleh: Rizka Nur Amalia (Anggota KKN RDR UIN Walisongo Kelompok 131)


EdukratifNews/Demak - Virus corona atau covid-19 ini masih berlanjut hingga sekarang, dan cara menghindari dari virus salah satunya yaitu ada selalu mencuci tangan dengan air dan sabun.


Air sangat berguna untuk melindungi dari berbagai penyakit, namun bagaimana jika anda kesulitan menemukan air bersih? Nah salah satu solusi yang bisa anda pilih adalah hand sanitizer. Selain praktis dan tidak membutuhkan air, hand sanitizer juga bisa dibuat dengan bahan yang mudah. 


Cara pembuatannya dilakukan disalah satu rumah yang bertempat di Desa Sarirejo, Guntur, Demak. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat hand sanitizer antara lain: aloe vera/ lidah buaya 100%, hydrogen peroksida 3%, alcohol 70%, dan aquadest.


Jika terdapat bahan maka ada juga alat-alat yang dibutuhkan dalam proses pembuatannya yaitu : gelas kimia plastic 500 ML, gelas takar 100 ML, sendok, spoit, dan botok kemasan.


Langkah-langkahnya:
1. Pisahkan lidah buaya dengan kulitnya, kemudian di blender dan saring lidah buaya yang sudah diblender.
2. Ukur alcohol 70% sebanyak 250 ML dengan menggunakan gelas takar.
3. Ukur hydrogen peroksido 3% sebanyak 12,6 ML.
4. Ukur aloe vera/ lidah buaya 100% dengan menggunakan spoit sebanyak 4,35 ML.
5. Masukan disatu wadah (gelas kimia plastic 500 ML) semua bahan yang sudah sesuai dengan takarannya masing-masing.
6. Lalu tambahkan aquadest hingga volume campuran bahan mencapai 300 ML.
7. Aduk semua bahan hingga rata.
8. Masukan semua bahan yang sudah dicampur ke botol kemasan.
9. Hand sanitizer siap dipakai. 


“Terimakasih banyak saya sampaikan kepada mbak-mbak KKN dari UIN Walisongo yang telah memberikan banyak manfaat bagi warga terkait cara pembuatan hand sanitizer secara mudah. Dan dengan itu warga dapat memanfaatkan dengan baik tanaman lidah buaya yang tumbuh disekitar rumah-rumah kami”. Ungkap Hardi selaku ketua RT 01/01.


Adapun manfaat dari pembuatan hand sanitizer sendiri yaitu memanfaatkan lidah buaya disekitar sehingga tidak terbuang begitu saja, menghemat biaya, terhindar dari bahan kimia yang berbahaya, dan kecil terjadinya efek samping karena kita  tahu bahan-bahan apa saja yang terkandung.


Demikian yang saya sampaikan terkait tips mudah membuat hand sanitizer di Desa Sarirejo, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca.


Tim redaksi: Edukratif News



Previous Post Next Post