Manfaatkan Limbah, PKK Kronggen Adakan Pelatihan Ubah Minyak Jelantah Jadi Sabun

kali dibaca

EdukratifNews/Inspirasi - Manfaatkan limbah jelantah, tim penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluaga (PKK) Desa Kronggen gelar pelatihan pembuatan sabun dari minyak jelantah Minggu (14/11).


Pada kegiatan ini menghadirkan Siti Nurwati selaku ketua kelompok kerja (Pokja) tiga sebagai pemateri. Turut diundang penggagas Bank Sampah Kronggen, Wiwik Widyowati, serta 25 peserta dari tim penggerak PKK Desa Kronggen.


Siti Untari selaku ketua tim penggerak PKK Desa Kronggen menjelaskan bahwa pelatihan ini ini merupakan bagian dari kegiatan pertemuan rutin yang diadakan sebulan sekali.


“Kegiatan ini kami gelar agar dapat memanfaatkan limbah rumah tangga berupa minyak jelantah menjadi barang yg dapat dimanfaatkan”, terang Siti Untari.


Tim penggerak PKK Desa Kronggen mengadakan pelatihan pengolahan atau pembuatan sabun dari minyak goreng bekas karena minyak goreng bekas merupakan bahan yang banyak terpakai dan tentunya limbah jelantah akan terbengkalai jika tidak dimanfaatkan. 


“Dalam pembuatan sabun dari minyak jelantah ini memerlukan beberapa bahan seperti arang secukupnya yang ditumbuk halus, 450 gram jelantah yang sudah direndam semalam dan disaring, 82 gram soda api, 171  gram air. Air ini dapat berupa air kopi,pandan atau lainnya”, jalasnya.


Tentunya selain bahan , diperlukan juga  beberapa alat yang dibutuhan dalam pelatihan ini.


”Dalam pembuatan sabun dibutuhkan alat seperti baskom atau panci stainless atau bahan plastik tahan panas dan tidak boleh alumunium, sendok kayu, cetakan, spatula, masker atau penutup hidung, sarung tangan plastik, kaca mata pelindung. Jika pun tidak memiliki kaca mata pelindung tidak masalah asalkan tetap berhati hati”, lanjutnya.


Dalam pemaparan materinya, Siti Nurwati juga menjelaskan proses pembuatan sabun. 


“Langah pertama adalah memasukan air kedalam wadah stainless kemudian memasukan soda api secara pelan-pelan. Jangan terbalik yah, harus soda api yang dimasukan ke dalam air. Lalu mengaduk menggunakan sendok . Hati hati karena uapnya bau. Lantas membiarkan agar dingin. Setelah dingin, memasukan minyak jelantah dan mengaduk perlahan sampai kental seperti mayones dan masukan ke cetakan. Akan lebih mudah jika menggunakan cetakan silikon atau jika mau menggunakan cetakan puding. Mendiamkan cetakan selama 24 jam kemudian melepaskan sabun dari cetakan . Maka sabun telah siap digunakan dan dapat digunakan setelah 2 minggu dari tanggal pembuatan” jelasnya.  


Namun yang perlu menjadi catatan adalah pembuatan sabun ini dilakukan di udara terbuka atau yang berventilasi cukup.


Kontributor: Septina Munashiha/1804046042/KKN RDR 77 UIN WALISONGO
Tim redaksi: Edukratif News



Previous Post Next Post