Ngalap Berkah Sewelasan Dengan Manaqiban

kali dibaca

Oleh: Wiwin Suryaningrum, 1804016079


Sewelasan merupakan sebutan untuk perhitungan kalender jawa yang jatuh pada tanggal 11 setiap awal bulan. Dusun Salamkerep Kelurahan Gondoriyo, Ngaliyan, Semarangmerupakan salah satu daerah yang masih langgeng memperingati kegiatan sewelasan dengan  manaqiban.


Sewelasan ini dilakukan sebagai bentuk ngalap barokah dari beliau Syekh Abdul Qodir Jaelani yaitu pengarang kitab manaqib Nurul Burhany. Siti Aminah selaku tokoh agama Salamkerep mengatakan bahwa beliau Syekh Abdul Qodir merupakan salah satu waliyullah yang sangat shalih dan banyak memiliki amal kebaikan.


Oleh karena itu manaqiban di sewelasan ini sebagai bentuk ngalap berkah dari beliau.”Sewelasan ini kita peringati sebagai bentuk ngalap barokah njeh ibu-ibu, lan kito tawasulken dateng  beliau Syekh Abdul Qadir, semoga dengan perantara beliau sedanten hajatipun kito saged terkabulk lan kito saged angsal keberkahan.” Dawuh beliau dipengajian kepada jamaah ibi-ibu setempat.


Kegiatan Sewelasan ini dimulai dengan pembacaan kitab manaqib Nurul Burhany dan terdapat tahlil didalamnya yang kemudian diakhir manaqib dilanjutkan Do’a yang ditawasulkan kepada beliau Syekh Abdul Qadir Jaelani. “Sedanten hajate Jenengan diaturke njeh bu, Bismillah saged terkabul dateng Allah lantaran beliau Syekh Abdul Qadir Jaelani.” Tutur Aminah ketika Do’a dimulai.

 

Sewelasan dengan pembacan manaqib merupakan menjadi kegiatan rutinan ibi-ibu Salamkerep setiap bulanannya. Selain dibaca ketika sewelasan ibu-ibu Salamkerep juga rutin mengadakan pengajian manaqib Nurul Burhany disetiap satu minggu sekali dengan begilir dari satu rumah kerumah yang lainnya. Siti Aminah atau biasa dipanggil dengan Bu Min ini juga mengatakan bahwa kegiatan-kegiatan seperti ini harus selalu kita lakukan meski berangkat pengajian dengan rasa ngantuk dan akhirnya tidur di majlis, itu lebih baik yang terpenting  rasa semangat mengaji harus selalu tertanam.


“ Jadi Bu, meski dewe nduweni rasa abot ngaji dan akhirnya tidur dipengajian niku mboten nopo-nopo malah luwih sae tinimbang seng mboten nderek, seng penting memiliki  rasa semangat kagem nderek pengajian lan InsyaAllah malaikat sampun nyatet amal sae kito sedoyo, njeh bu.” Tutur beliau.


Sewelasan ini ditutup dengan acara makan bancaan ingkung (ayam masak yang masih utuh) bersama-sama. Makan bancaan ini selain sebagai bentuk kebersamaan juga dapat mempererat tali silaturahmi antara satu dengan yang lain. 


Siti Aminah sangat juga  berharap agar ibu-ibu selalu langgeng dan istiqomah dalam mengikuti kegiatan-kegiatan pengajian seperti ini karenah banyak sekali kebaikan dan keberkahan didalamnya. “Kulo njeh berharap kersane ibu-ibu sekalian saged istiqomah njeh bu dalem nderek kegiatan pengajian amarga njeh ten kegiatan pengajian niko katah sanget keberkahan lan kebaikanipun ”. pungkas beliau. 


Tim redaksi: Edukratif News



Previous Post Next Post