Wujudkan Lingkungan Bersih dan Nyaman, Mahasiswa KKN RDR-77 UIN Walisongo Melakukan Kerja Bakti Di Klenting Kuning

kali dibaca


Semarang – Mahasiswa KKN RDR ke-77 UIN Walisongo melaksanakan kegiatan kepedulian lingkungan melalui kerja bakti besama warga Desa Kemawi, kerja bakti ini dilaksanakan di objek wisata Klenting Kuning tepatnya di Desa Kemawi, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang. 


Objek wisata Klenting Kuning merupakan satu tempat wisata alam yang berupa air terjun dengan dinding tebing berwarna kuning dan air yang jernih. Tinggi air terjun ini hanya 8 meter namun memiliki pesona yang indah. 


“Adanya Pandemi Covid-19 mengakibatkan Curug Klenting Kuning sepi pengunjung dan tidak terawat, maka kami dari KKN RDR-77 UIN Walisongo Semarang Kelompok 113 mengadakan kerja bakti membersihkan Curug agar bersih dan terawat kembali. Sehingga menarik minat masyarakat untuk berkunjung”. Ujar Nahdiyatul (kel 113/asz)


Akibat adanya pandemi Covid-19 objek wisata Klenting Kuning ditutup, hal ini menyebabkan Klenting Kuning menjadi terbengkalai dan tidak terawat. 


Melihat hal ini, Mahasiswa KKN RDR ke-77 UIN Walisongo Kelompok 113 mengajak warga Desa Kemawi untuk bergotong royong kerja bakti membersihkan Klenting Kuning.


Kerja bakti merupakan kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang untuk memperbaiki dan memperindah lingkungan. Kerja bakti dilakukan untuk memenuhi kebutuhan banyak orang, seperti memperbaiki fasilitas umum dan membersihkan lingkungan sekitar. 


Kegiatan ini Dilaksanakan pada hari Minggu, 31 Oktober 2021 pada pukul 08.00 WIB sampai selesai, dimulai dengan membersihkan rumput-rumput disekitar curug. Kemudian dilanjutkan dengan membersihkan tempat istirahat (gazebo) yang ada disekitar curug, seperti menyapu, mengepel, dan merapikan pohon-pohon.


Mahasiswa KKN RDR-77 Kelompok 113 sangat antusias dalam kegiatan kerja bakti ini, kerja bakti ini merupakan wujud kepedulian akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Selain itu kegiatan ini dapat menjalin silaturahmi antar warga Desa Kemawi dengan Mahasiswa KKN RDR-77 UIN Walisongo.


“Setelah dilaksanakannya kerja bakti semoga Curug Klenting Kuning bisa bangkit kembali dan bisa menghidupkan perekonomian warga sekitar sehingga lebih maju.” Kata Lala(kel 113/asz)


Meskipun saat ini masih masa pandemi Covid-19 dan harus menerapkan protokol kesehatan tidak menghalangi semangat warga Desa Kemawi untuk bergotong royong membersihkan Curug Klenting Kuning. Kegiatan kerja bakti ini berjalan dengan lancar dan sukses.


Tim redaksi: Edukratif News




Previous Post Next Post