Cara Kreatif Membuat Sabun

kali dibaca



Tips dan Trik - Bagi banyak pemilik rumah, dorongan untuk menjadi semakin mandiri sangatlah kuat. Belajar membuat sabun seringkali menjadi "langkah selanjutnya" alami (setelah berkebun, memanen, dan beternak) dalam bertani.


Teknik yang Anda gunakan untuk membuat sabun sendiri menentukan jumlah waktu yang Anda investasikan untuk hobi (atau produk) Anda. Artikel ini membahas dua teknik dasar pembuatan sabun: penggilingan tangan dan peleburan dan penuangan.


Anda juga dapat membuat sabun dari awal dengan menggunakan alkali, tetapi prosesnya lebih rumit dan membutuhkan perawatan dalam menangani natrium hidroksida, yang merupakan zat kaustik.


Cara membuat sabun giling tangan

Jika Anda tidak menyukai gagasan bekerja dengan bahan kimia, Anda mungkin ingin mencoba membuat sabun giling tangan. Yang Anda lakukan hanyalah mengambil sebatang sabun komersial yang ada, memarutnya, lalu mencairkannya kembali dengan air. Anda kemudian dapat mewarnai, mencium, dan membentuknya sesuka Anda.


Banyak pembuat sabun diehard mencemooh teknik ini. Mereka mengatakan bahwa Anda secara teknis tidak membuat sabun karena Anda menggunakan sabun komersial, yang mungkin sabun tetapi kemungkinan besar adalah batang deterjen sintetis.


(Jika Anda lebih suka sabun "asli", pastikan untuk membaca label dan membeli sabun yang mengandung bahan-bahan seperti sodium cocoate, sodium palmate, sodium olivate, dan sebagainya.)


 Tapi jika Anda ingin sedikit melatih kreativitas, Anda masih bisa melakukannya saat Anda menggiling sabun dengan tangan. Anda dapat membuat sabun yang terlihat dan berbau seperti yang Anda inginkan dan merupakan sesuatu yang tidak selalu dapat Anda temukan di toko.


Jika Anda ingin membuat sabun, mengapa tidak mencoba sabun giling tangan yang sudah Anda miliki? Satu-satunya alat khusus yang benar-benar Anda butuhkan adalah parutan tangan.


Berikut adalah langkah-langkah dasarnya.

1. Parut sabun Anda, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini. Semakin kecil Anda memarut potongan Anda, semakin cepat waktu lelehnya.


2. Lelehkan potongan Anda dalam air di panci atas ketel ganda atau dalam microwave. Gunakan sekitar 1 gelas air untuk setiap 2 gelas parutan sabun. Jika menggunakan microwave, panaskan serutan dan air dalam waktu singkat dan periksa sesering mungkin, aduk sesuai kebutuhan. Beberapa orang menyetel gelombang mikro mereka pada daya 50 persen saat melelehkan bahan dasar sabun atau serutan gliserin yang bening. Bereksperimenlah dengan apa yang paling cocok untuk Anda dan microwave Anda.


3. Aduk sabun Anda saat meleleh.


4. Setelah sabun meleleh, aduk warna Anda.


5. Lanjutkan mengaduk sampai sabun kental dan lembut, lalu angkat dari api.


6. Tambahkan aditif lain, seperti minyak esensial.


7. Tuang sabun Anda ke dalam cetakan.


8. Biarkan sabun dingin semalaman sebelum dikeluarkan dari cetakan.

Sabun penggilingan tangan


Cara membuat sabun cair dan tuang

Jika membuat sabun giling tangan terdengar seperti curang bagi Anda, maka membuat sabun cair-dan-tuangkan mungkin tepat untuk Anda. Alih-alih menggunakan sabun komersial, Anda menggunakan sabun cair yang Anda beli di toko kerajinan. Basisnya berbentuk balok, potongan, atau nugget, dan Anda cukup melelehkan jumlah yang Anda butuhkan lalu membentuknya.


Mungkin lebih dari teknik pembuatan sabun lainnya, pembuatan sabun cair dan tuang menyerupai langkah-langkah yang terlibat dalam pembuatan lilin. Seperti pembuatan lilin, Anda menggunakan bahan yang sudah jadi, melelehkannya, dan membentuknya. Jika Anda suka membuat lilin, kemungkinan besar Anda akan senang membuat sabun cair.


Berikut cara kerja pembuatan sabun cair dan tuang:

1. Lelehkan potongan sabun Anda dalam ketel ganda di atas api sedang atau cairkan dalam mangkuk tahan panas dalam microwave (lihat gambar berikut). Anda juga dapat memotong potongan berukuran 1 atau 2 inci dari balok sabun berukuran besar seberat 1 pon atau 5 pon jika Anda tidak menggunakan potongan yang telah dipotong sebelumnya. Jika Anda akan melelehkan sabun dalam microwave, cairkan sabun Anda pada suhu 50 persen selama kurang lebih 1 menit. Aduk sabun Anda. Lanjutkan melelehkannya pada interval 20 detik sampai sabun benar-benar meleleh.


2. Hapus sabun cair Anda dari api dan aduk aditif apa pun, seperti warna.


3. Tuang sabun cair Anda ke dalam cetakan. Sebagian besar sabun cair dan tuang menyusut saat mengeras, jadi Anda mungkin tidak perlu menyemprot cetakan dengan zat pelepas.


4. Biarkan sabun Anda dingin selama kurang lebih 1 jam.

Anda dapat menggunakan microwave untuk melelehkan potongan sabun Anda. Kemudian Anda hanya perlu menuangkan sabun cair Anda ke dalam cetakan.


Meskipun sabun cair dan tuang langsung aman untuk kulit, biarkan mengering dan mengeras beberapa hari sebelum digunakan, agar lebih tahan lama.

Sempurnakan sabun Anda dengan aditif

Aditif umumnya adalah segala sesuatu yang Anda tambahkan ke dasar sabun untuk meningkatkan warna, aroma, tekstur, manfaat perawatan kulit, atau nilai estetika keseluruhan.
Anda mengaduk aditif sebagai langkah terakhir sebelum menuangkan sabun ke dalam cetakan dan setelah sabun meleleh.


Tips
Jika Anda menambahkan zat aditif padat ke dalam sabun cair-dan-tuang, ketahuilah bahwa zat tersebut dapat terpisah , atau tenggelam ke dasar cetakan. Untuk menghindari masalah ini, biarkan sabun Anda lebih dingin dari biasanya, sambil mengaduk aditif ke dalam sabun sepanjang waktu. Anda ingin campuran sabun mengental di mangkuk Anda sebelum Anda menuangkannya ke dalam cetakan, seperti gelatin yang mengental. Menunggu lebih lama dari biasanya dapat membantu zat aditif padat tetap tersuspensi dalam sabun.


Tabel Penjelasan Aditif Populer Untuk Pembuatan Sabun

Aditif

Keterangan

Minyak almond

Menenangkan kulit yang teriritasi dan gatal. Juga digunakan sebagai dasar. Memiliki sedikit bau.

Lidah buaya

Meredakan kulit kering dan terbakar. Dapat digunakan dalam bentuk tanaman atau gel.

Aprikot

Melembutkan kulit. Aditif mandi yang populer. Untuk menggunakannya, masukkan aprikot kering ke dalam air selama beberapa jam, lalu cairkan.

Minyak kernel aprikot

Melembutkan kulit. Terutama baik untuk kulit sensitif.

Lilin lebah

Mengeras sabun dan memberikan kontribusi aroma. Perlu meleleh sebelum ditambahkan ke sabun. Jangan gunakan lebih dari 1 ons per pon sabun.

Tanah liat

Membantu mengeringkan kulit berminyak. Pilih tanah liat Prancis bubuk halus.

Mentega kakao

Mengencangkan sabun dan melembabkan. Terlihat dan berbau seperti cokelat putih tetapi dapat dibeli dalam bentuk penghilang bau jika Anda menginginkan kualitasnya tanpa bau cokelat.

Timun

Bertindak sebagai zat. Gunakan parutan kulit atau dicairkan.

Gliserin

Melembabkan kulit.

Rempah

Kontribusi tekstur dan warna.

Lanolin

Melembabkan dan melembutkan kulit. Bisa sabun awan. Jangan gunakan jika alergi terhadap wol.

Lemon

Menambahkan tekstur dan bintik-bintik, serta kualitas antibakteri. Gunakan kulit parut.

Havermut

Melembutkan dan mengelupas kulit. Menambahkan tekstur. Gunakan oat yang digiling. Batasi maksimum 1/2 cangkir gilingan atau 1/4 cangkir gandum atau oat bubuk per pon sabun. Blender bekerja dengan baik untuk membuat tepung gandum.

Batu apung

Menghilangkan kotoran yang keras, tetapi bisa menjadi keras. Menambahkan tekstur.

Minyak vitamin E

Gunakan sebagai pengawet saat Anda menambahkan buah segar atau bahan tambahan lain yang berisiko rusak.

bibit gandum

 

Mengelupas kulit, serta menambahkan massal dan tekstur. Muncul dalam sabun sebagai bintik-bintik ringan. Gunakan tidak lebih dari 3 sendok makan per pon sabun.

 

Anda dapat menambahkan warna pada sabun dengan menggunakan bahan dasar sabun cair atau pewarna sabun. Untuk menambahkan aroma, gunakan minyak esensial favorit Anda, minyak wangi buatan pabrik, atau bahkan rempah-rempah dan ekstrak dari dapur atau rempah-rempah langsung dari kebun!



Tm redaksi: Edukratif News

Pasang Iklan: Klik Disini


Previous Post Next Post