Gelora Festival Bahasa Arab Nasional 2022 IPMAFA Terlaksana dengan Sukses dan Meriah

kali dibaca


Event - Pati, 17/09/2022 – Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Institut Pesantren Mathali’ul Falah mengadakan Festival Bahasa Arab tingkat Madrasah Aliyah dan Pondok Pesanten Se-Indonesia. 


FBA merupakan event terbesar di lingkup Prodi PBA IPMAFA, dalam event ini terdapat sembilan cabang perlombaan bernuansa bahasa Arab yang dilaksanakan, seperti Ghina’ Araby, Kaligrafi, Musabaqah Qira’atil Kutub, Qira’atusy Syi’ir, Ilqa’ul Qissah, Khitabah, Kitabah Qissah Qasirah, Rais Tasyrifat, dan Video Kreasi TikTok.


FBA tahun 2022 diikuti 207 peserta dari MA sederajat dan Pondok Pesantren di Indonesia. Seluruh peserta sangat antusias saat menampilkan seluruh cabang perlombaan yang diikuti, terlihat dengan adanya kostum yang digunakan dan atribut pendukung yang digunakan.  


“Bahasa Arab saat ini menghadapi tantangan yang cukup serius, seperti mulai rendahnya minat belajar terhadap bahasa Arab, sehingga perlu adanya sebuah inovasi pembelajaran bahasa Arab. PBA IPMAFA telah melakukan inovasi tersebut yang dikemas dalam event FBA ini” tutur Bapak Agus Sya’roni dekan Fakultas Tarbiyah dalam acara pembukaan FBA tahun 2022.



Tahun ini, FBA mengusung tema “Reaktualisasi Bahasa Arab Pasca Pandemi di Bumi Pertiwi” hal ini dilatar belakangi oleh eksistensi bahasa arab sebagai bahasa Al-Qur’an yang memiliki posisi strategis dalam kajian keislaman sekaligus menjadi motor penggerak penyebaran ilmu pengetahuan.


“Tentunya semua peserta akan mengaktualisasikan bahasa Arab dalam event FBA ini dan diharapkan pembelajar bahasa Arab nantinya dapat terserap dengan baik di lingkungan masyarakat dan lembaga pendidikan keagamaan” turut memberikan sambutan bapak Subhan Kasi Pontren Kemenag Pati.


Edukratif News - Good News for Better Life


Pasang Iklan: Klik Disini

Previous Post Next Post