Terbaru! Ajang Unjuk Skill Pada Gebyar Festival Bahasa Arab Nasional 2022

kali dibaca



Info Lomba - IPMAFA Pati melalui Program Studi Pendidikan Bahasa Arab akan menyelenggarakan Festival Bahasa Arab Nasional tingkat Madrasah Aliyah dan Pondok Pesantren.


Festival Bahasa Arab adalah agenda tahunan yang diadakan oleh IPMAFA sejak tahun 2014 dan telah dilaksanakan rutin setiap tahunnya.


Sejak tahun 2014 hingga 2020 cakupan wilayah FBA yakni keresidenan Pati, kemudian pada tahun 2021 dilaksanakan secara online dengan cakupan wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.


Dengan melihat berjalannya FBA pada tahun-tahun sebelumnya yang cukup sukses dan begitu besar antusiasme para peserta, maka Prodi PBA IPMAFA pada tahun 2022 ini akan mengadakan perlombaan Festival Bahasa Arab Nasional Tingkat Madrasah Aliyah dan Pondok Pesantren di seluruh Indonesia.


Para peserta yakni siswa-siswi aktif dari Madrasah Aliyah sederajat dan santri-santriwati aktif dari Pondok Pesantren dengan batasan usia 15-19 tahun.


FBA tahun ini akan dilaksanakan secara online dan offline, di mana pelaksanaan FBA online pada tanggal 12-14 September 2022 yakni waktu untuk pengumpulan karya sedangkan pelaksanaan FBA offline pada Sabtu, 17 September 2022 bertempat di kampus IPMAFA Pati.


Total ada sembilan cabang lomba yang akan diselenggarakan pada FBA tahun ini. Rinciannya lomba online antara lain khitabah (pidato bahasa Arab), MC bahasa Arab, kitabah qissah qasirah (menulis cerita pendek), dan video kreasi TikTok (tentang bahasa Arab).


Sedangkan lomba offline antara lain MQK (musabaqah qira'atul kutub/membaca kitab kuning), qira'atusy syi'ir (membaca puisi Arab), ghina arabiy (menyanyi berbahasa Arab), dan ilqa'ul qissah (bercerita dengan berbahasa Arab).


Diharapkan dengan adanya berbagai macam cabang lomba yang diselenggarakan para peserta bersemangat dalam mengikuti perlombaan, semakin mencintai bahasa Arab, dan dapat mengembangkan minat dan bakat siswa-siswi serta santri-santriwati dalam bidang bahasa Arab.


Edukratif News - Good News for Better Life


Pasang Iklan: Klik Disini

Previous Post Next Post