Update Informasi Pendaftaran KIP

kali dibaca


Jakarta - Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Abdul Kahar mengatakan pendaftaran KIP Kuliah terbuka sepanjang tahun.


“Pada dasarnya, KIP Kuliah buka sepenuhnya, pendaftarannya sepanjang tahun. Tergantung mau memilih jalur mana dan tujuannya kemana perguruan tinggi yang dituju,” ujar Abdul Kahar dalam webinar yang dipantau di Jakarta, Kamis.


Dia memberi contoh, jika seorang calon mahasiswa mau mendaftar jalur seleksi berdasarkan prestasi atau SNMPTN maka calon mahasiswa tersebut bisa mendaftar KIP Kuliah. Namun jika mahasiswa tersebut tidak lolos seleksi jalur prestasi, maka bisa kemudian mendaftar seleksi berdasarkan tes atau SBMPTN.


"Jika tidak lolos juga jalur SBMPTN, maka bisa mendaftar dengan menggunakan jalur mandiri,” kata dia. 



Pihak Kemendikbudristek menegaskan tidak membedakan antara PTN dan PTS. Hal itu dikarenakan KIP Kuliah menyasar mahasiswa dimanapun tempat kuliahnya. Minimum akreditasi perguruan tinggi tersebut yakni C. 


“Tidak ada perbedaan antara PTN dan PTS, sama-sama punya hak menyelenggarakan KIP Kuliah,” kata dia lagi. 


Pada dasarnya, KIP Kuliah bertujuan membantu mahasiswa yang memiliki prestasi akademik yang baik akan tetapi secara ekonomi perlu dibantu.


Sumber: antaranews.com


Pasang Iklan: Klik Disini

Previous Post Next Post