Meski Terik Matahari Menyengat Tubuh, Peringatan Hari Santri di Margoyoso Diikuti Ribuan Santri

kali dibaca


Penulis : Imam Muhlis Ali*

Margoyoso, Pati (22/10/2023)


Meski terik matahari menyengat tubuh, namun peringatan Hari Santri Nasional di Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati diikuti ribuan Santri Pondok Pesantren dan Siswa Madrasah.


Peringatan Hari Santri ini diselenggarakan oleh Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama' (MWCNU) Margoyoso. Salah satu rangkaian kegiatan yakni Upacara di Halaman Kantor Kecamatan Margoyoso Jalan Pati-Tayu Km.18 Waturoyo Kabupaten Pati.


Sebagai Inspektur Upacara, Bapak KH.Samu'in Wage, M.Pd.I. sekaligus Ketua Tanfidziyah MWCNU Margoyoso. Juga terlihat jajaran MWCNU beserta Pengurus Banom.


Upacara diikuti ribuan santri dan siswa Madrasah Se Kecamatan. Setidaknya tiap Pesantren dan Madrasah ada perwakilannya. Ada lebih dari 60 Pesantren dan lebih 20 Madrasah di Kecamatan Margoyoso. 


Turut hadir perwakilan.Camat Margoyoso, Danramil, Kapolsek Margoyoso.
Turut hadir perwakilan.Camat Margoyoso, Danramil, Kapolsek Margoyoso.







Terlihat jalannya upacara berlangsung khidmat.


Dalam salah satu petikan sambutan, Bapak KH.Samu'in Wage, M.Pd.I menyampaikan bahwa Hari Santri ini merupakan momentum tepat bagi santri untuk berjihad bagi negeri. Juga bila diberi kesempatan menjadi pimpin harus siap 'menderita, melayani masyarakat sepenuh hati'. 


Setelah upacara, dilanjutkan dengan.acara jalan sehat bersama ribuan santri. Sambil meneriakkan tel-yel dan lagu Hari Santri, mereka bersemangat menggelorakan semangatnya para pahlawan bangsa terutama para Kyai Nahdlatul Ulama' seperti KH. Hasyim Asy'ari dan lainnya. 


Semangat Hari Santri semakin berkobar kala Penyiar Imam MA terus memaparkan sejarah Resolusi Jihad, 22 Oktober 1945 yang merupakan 'ruh' Hari Santri dan perang mempertahankan kemerdekan tanggal 10 Nopember 1945.


Harapan kedepan peringatan Hari Santri ini diwujudkan dalam gerak nyata yakni Jihad Santri Membangun Negeri.


*Pengurus LD MCNU Margoyoso


Dokumentasi:








Tulis Komentar

Previous Post Next Post