Review Samsung Galaxy A22 LTE: Fitur OIS Camera Bikin Video Lebih Nyaman

kali dibaca

 


Samsung Galaxy A 22 terdapat 2 versi yaitu LTE (4G) dan 5G. Di tahun 2021 ini memang kita harus teliti saat membeli smartphone, karena dalam 1 nama tipe smartphone terdapat lebih dari 1 versi, seperti 4G dan 5G. Hal tersebut dilakukan oleh brand dikarenakan mungkin memang sedang trend.


Seperti diketahui, tahun 2021 ini jaringan 5G sudah mulai masuk ke Indonesia. Sehingga tiap brand smartphone tidak mau ketinggalan mengeluarkan produk hp yang bisa menangkap jaringan 5G tersebut.


Ada semacam gengsi jika para brand tidak mengeluarkan produk smarthphone 5G. Akan tetapi, di sisi lain jaringan 5G masih belum bisa dinikmati oleh 99% warga Indonesia, termasuk di beberapa daerah di Ibukota Jakarta.


Nah mungkin karena itulah daripada memberikan fitur 5G yang 99% orang Indonesia belum bisa memakainya, dan juga ditambah biaya chip 5G yang lumayan mahal, mending dipakai buat menaikkan fitur-fitur lain yang jelas sudah bisa digunakan dan bermanfaat bagi penggunanya.


Dari kasus tersebut, jika kita perhatikan pada smarthphone versi 4G dari brand manapun pasti cenderung memiliki harga yang relative murah tetapi memiliki spesifikasi yang menjanjikan. Dan bahkan ditemukan beberapa brand lebih bagus dari fitur 5G.


Spesifikasi yang lebih menjanjikan tersebut bis akita temukan pada Samsung Galaxy A22 LTE. Harga pasaran di e commerce smartphone tersebut sekitar Rp. 2.839.000. Jika kita bandingkan dengan Samsung Galaxy A22 LTE 5g harganya Rp. 3.299.000


Terpaut sekitar Rp. 460.000. Lumayan bukan?

 


Fitur Andalan


Dengan harga 2 jutaan, Samsung Galaxy A22 LTE sudah mempunyai fitur sistem OIS Camera. Anehnya sistem OIS Camera tersebut tidak ada pada versi 5G nya.


Hmmm.. kenapa ya?


Buat yang belum tahu apa itu OIS, berikut penjelasannya.


OIS merupakan singkatan dari Optical Image Stabilization atau penstabil gambar secara optik. Fitur ini dapat digunakan untuk mengurangi keburaman yang berkaitan dengan gerakan kamera atau perangkat pencitraan selama pengeksposuran.


Jelas OIS termasuk fitur yang mewah dalam sebuah smartphone.


OIS mampu membuat lensa pada smartphone memiliki ruang lebih untuk bergerak. Hal tersebut berfungsi sebagai penyeimbang saat terjadi getaran ketika melakukan pengambilan foto atau video, sehingga hasilnyapun lebih stabil.


Sejauh ini, belum ada fitur OIS Camera pada smartphone dengan harga dibawah 3 juta selain Samsung Galaxy A22 LTE. Bahkan jika kita cermati, smartphone harga 4 – 5 jutaan pun masih jarang dilengkap dengan fitur OIS Camera tersebut.


Nah, OIS Camera Samsung Galaxy A22 LTE ini patut menjadi kebanggaan. Kamu berasa merdeka melakukan aktifitas fotografi dengan bergerak tanpa batas dan dengan hasil yang maksimal.



Kamera


Samsung Galaxy A22 LTE ini memiliki 4 kamera. Kamera utama 48 Mbpx, Kamera ultra wide 8 Mbpx, Kamera makro 2 Mbpx, dan Kamera dept 2 Mbpx.


Kamera depannya 13 Mbpx,

 



Bagian Mesin


Chipset MediaTek Helio G80
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
OS Android 11, OneUI Core 3.1

 


Dengan spesifikasi mesin tersebut, sangat aman buat digunakan untuk berbagai sosial media, seperti Youtube, Facebook, Instagram, Whatsapp, dan lainnya.


Buat main game seperti Mobile Legends, PUBG, Free Fire, juga lancar.


Display


Panel yang dipakai menggunakan layar Super Amoled. Sangat terkenal dengan penggunaan warna hitamnya.


Refresh rate nya 90 Hertz, sangat nyaman buat digunakan untuk scrolling.


Ukuran layarnya 6,4 inchi,pas digenggaman.


Resolusi layarnya 720 p, tentu saja itu akan membatasi kualitas gambarnya. Akan tetapi tidak menjadi penghalang bagi Samsung Galaxy A22 LTE mengingat banyak fitur lainnya yang akan memanjakan pengguna.




Dan sepertinya 720 p ini engga begitu terlihat ya. Ga mungkin kan kita focus melihat layar pada bagian pixelnya? Rasanya engga deh.


Akan tetapi, 720 p ini juga memiliki kelebihan lho. Diantaranya memperingan beban kinerja mesin, sehingga membuat performa smartphone lebih kencang. Dan hal tersebut juga berpengaruh buat daya tahan batterai yang lebih awet.

 


Desain


Samsung Galaxy A22 LTE ini menggunakan bahan Polikarbonat. Desain kamera yang kotak mirip dadu. Warnanya polos. Kamera depan berbentuk poni.


Di sebelah kanannya ada tombol power, yang merangkap fingerprint scanner. Dan juga ada tombol volume.


Di bagian atas ada microphone. Di kiri ada sim card triple slot. Dan di bagian bawah headphone jack, mikrofon, dan port USB Type C, serta speaker mono.


Samsung Galaxy A22 LTE belum punya NFC, akan tetapi hal tersebut bisa dimaklumi mengingat harganya yang 2 jutaan.

 


Kesimpulan

Smartphone Samsung Galaxy A22 LTE cocok untuk Kamu yang mempunyai budget 2,5 sampai 3 juta.


Dengan budget segitu, sudah mendapatkan smartphone dengan performa yang handal, kamera yang berkualitas, rekaman video stabil karena fitur OIS Camera yang damage nya ga ada obat. Baterai awet serta warna layarnya yang bagus.


Untuk bagian-bagian yang kurang, sepertinya masih bisa dimaklumin lah ya, mengingat smartphone ini harganya di bawah 3 juta.


Demikian review Samsung Galaxy A22 LTE dari Edukratif.


Silahkan share dan terus ikuti kabar menarik berikutnya.

Previous Post Next Post