Cegah Kecanduan Gadget Pada Anak, Mahasiswa Undip Ini Lakukan Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Tujuan Berkelanjutan (SDG’s)

kali dibaca


Inspirasi – Mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro Periode 2021 melakukan serangkaian kegiatan pengabdian masyarakat. Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai 4 Januari hingga 16 Februari 2021.


Tema yang diangkat pada KKN Tim 1 Periode 2021 ini adalah Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis Pada Tujuan Berkelanjutan (SDG’s).


Karena pandemi Covid-19, KKN Undip dilaksanakan di desa masing-masing mahasiswa dan dilakukan secara mandiri.


Dalam kegiatan KKN ini mahasiswa Undip Fitriana Fatmawati melaksanakan kegiatan KKN secara individu di Desa Colo, Kabupaten Kudus dibawah bimbingan dosen pembimbing lapangan Dr. Ir. Cahya Setya Utama, S.Pt., M.Si. IPM.


Mahasiswa yang akrab dipanggil Ana tersebut melaksanakan program KKN yang ditujukan kepada masyarakat sekitar dengan target anak-anak usia SD.


Kepada tim redaksi Ana mengatakan memiliki inisitaif mengadakan program gemar membaca untuk meningkatkan minat baca pada anak sekaligus sebagai upaya agar anak tidak terus-terusan bermain gadget.


Menurut Ana, terlalu sering bermain gadget bagi anak tentunya memiliki dampak negatif, seperti merusak indra penglihatan dan lupa waktu.


Dari itulah Ana berupaya mengumpulkan anak-anak usia sekolah dasar untuk mengikuti program gemar membaca dengan cara mendatangi rumah warga sekitar dan meminta izin orang tua anak.


Kegiatan ini disambut dengan baik oleh orang tua anak, dikarenakan anak-anak mereka kesehariannya hanya bermain dikarenakan adanya sekolah daring.


Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut dan diikuti oleh enam anak, dan tentunya tetap mematuhi protokol kesehatan.


Kegiatan dilakukan dengan membaca buku bacaan ringan seperti buku-buku dongeng agar anak merasa senang dan diharapkan anak-anak mulai gemar membaca buku lebih banyak lagi. Selain itu, kegiatan ini juga diselingi dengan kegiatan menggambar.


“Kegiatan membaca dapat meningkatkan pengetahuan anak dan dapat menjadi sarana hiburan pengganti gadget.” Kata Ana.


Kegiatan ini juga mendapat kunjungan dari Ketua RT 01 RW 04 Dk. Kombang Ds. Colo. Dalam kesempatan tersebut, Ketua RT Kombang memberikan sambutan dan mengimbau anak-anak agar mengikuti program dengan baik. Beliau juga memperingatkan anak-anak untuk lebih gemar membaca daripada sering bermain gadget.


Untuk memotivasi anak agar lebih semangat belajar, Ana memberikan buku bacaan lagi kepada anak-anak dan akan memonitor perkembangan anak, apakah ada perubahan pada anak atau tidak.


Tim Redaksi: Edukratif News

Previous Post Next Post