Pameran Bersama Museum Go to Campus Merawat Kebinnekaan, Memajukan Kebudayaan

kali dibaca

Pada tahun 2019 ini museum-museum di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menyelengarakan kegiatan pameran bersama (Museums Go To Campus) sebagai salah satu jenis program publik yang dilaksanakan oleh museum untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap museum.


Pameran ini merupakan jenis pameran bersama yang dilaksanakan oleh museum-museum dan Unit Pelaksana Teknis lain di lingkungan Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kemendikbud, bersinergi dengan museum-museum yang ada di wilayah Semarang dan sekitarnya serta diikuti pula oleh UP Museum Seni DKI Jakarta dan Museum Perjuangan Rakyat Jambi.


Pameran bersama ini mengusung konsep Museums Go to Campus yang akan diselenggarakan pada tanggal 26 sampai 30 Agustus 2019 bertempat di Gedung Serbaguna Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Semarang.


Pembukaan Pameran Bersama akan diselenggarakan pada tanggal 26 Agustus 2019 dimulai pukul 07:00 WIB bertempat di Gedung Serbaguna Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro.


Konsep pameran ini merupakan salah satu upaya mendekatkan museum kepada masyarakat, khususnya kalangan civitas akademik, utamanya mahasiswa sebagai generasi muda strategis yang akan berperan aktif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara untuk masa kini maupun masa-masa mendatang.


Tema yang dibawa dalam pameran bersama kali ini adalah “Merawat Kebhinekaan, Memajukan Kebudayaan”. Tema ini dibawa sebagai bentuk pendukungan terhadap Undang-Undang Pemajuan Kebudayaan No. 5 Tahun 2017. Tema ini kemudian diterjemahkan dan disusun menjadi sebuah storyline yang akan digunakan untuk menampilkan materi pameran.


Selama pameran berlangsung, akan diselenggarakan rangkaian kegiatan berupa Seminar Tokoh Presiden, Diskusi STOVIA, Workshop Fotografi, Workshop Membatik, Workshop Membuat Gerabah, pemutaran Bioskop Keliling, Workshop Membatik dan Membuat Gerabah, Mural Art, dan Kampanye Pelestarian Cagar Budaya.


Dengan dihelatnya Pameran Bersama dengan tema “Merawat Kebhinekaan, Memajukan Kebudayaan” beserta rangkaian acaranya, diharapkan kegiatan ini dapat menjadi wadah bagi masyarakat agar lebih mudah mendapatkan akses informasi dan pengetahuan mengenai hal-hal umum yang terkait dengan museum, nilai-nilai sejarah, dan memori kolektif bangsa, juga untuk menjalin kerja sama antara museum-museum dengan kampus, serta sebagai bentuk partisipasi konkret untuk mendukung program pemerintah di bidang penguatan karakter bangsa, pendidikan, dan pariwisata.


Museum-museum yang menjadi peserta pameran antara lain:
Balai Arkeologi Yogyakarta
Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah
Balai Pelestarian Cagar Budaya Yogyakarta
Balai Pelestarian Nilai Budaya Yogyakarta
Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran
Museum Basoeki Abdullah
Museum Kepresidenan RI Balai Kirti
Museum Kebangkitan Nasional
Museum Nasional
Museum Perumusan Naskah Proklamasi
Museum Sumpah Pemuda
Museum Batik Pekalongan
Museum BPK Magelang
Museum Perjuangan Rakyat Jambi
Museum Perkembangan Islam Jawa Tengah
Museum Ronggowarsito
UP Museum Seni DKI Jakarta




Tulis Komentar

Previous Post Next Post