Lindungi Keluarga Dari Penyebaran Virus Covid-19

kali dibaca

Oleh: Rizka Nur Amalia


Saat ini negara kita sedang di landa musibah besar, yaitu adanya wabah atau virus yang menyerang manusia di seluruh dunia yaitu dikenal dengan covid-19, dimana wabah atau virus ini menyerang siapapun, dari anak-anak sampai lansia juga dan banyak yang merasa khawatir akan virus covid-19 sehingga menyebabkan Negara kita Indinesia juga harus sangat waspada.


Menurut WHO (2019) Coronavirus merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit pada manusia dan hewan. Pada manusia biasanya menyebabkan penyakit infeksi saluran pernapasan, mulai flu biasa hingga penyakit yang serius seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Sindrom Pernafasan Akut Berat/ Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).


Coronavirus jenis baru yang ditemukan pada manusia sejak kejadian luar biasa muncul di Wuhan Cina, pada Desember 2019, kemudian diberi nama Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-COV2), dan menyebabkan penyakit Coronavirus Disease-2019 (COVID-19).


Keluarga perlu waspada dan menerapkan sejumlah langkah pencegahan virus covid degan menjaga daya tahan tubuh agar tetap berstamina. Hal ini perlu dilakukan sebagai salah satu cara untuk melindungi anak dan keluarga dari covid-19 dalam usaha memperlambat penyebaran virus. Berikut adalah beberapa upaya perlindungan yang dapat lakukan untuk keluarga:

 

Rajin mencuci tangan.

Ajaklah keluarga untuk sering mencuci tangan dengan air mengalir minimal 20 detik, antara lain pada waktu-waktu penting, antara lain sebelum makan, setelah buang air besar, sebelum menjamah makanan, sebelum menyusui/menyiapkan susu bayi, dan setelah beraktifitas. Pastikan anak membersihkan hingga ke sela-sela jari, punggung tangan, ujung kuku, dan menggosok tangan dengan saksama sebelum membilasnya. Jika tidak mendapatkan akses terhadap air dan sabun, tetap dapat menggunakan hand sanitizer. Sebagai kebiasaan yang baik, mencuci tangan perlu memenuhi cara yang benar, agar kita yakin bahwa seluruh permukaan tangan sudah terbasuh dan benar-benar bersih.


Olahraga rutin

Pada musim pandemic ini juga diharuskan dengan menjaga daya tahan tubuh supaya badan tetap sehat sehingga mampu memperkuat sistem kardiovaskular, sirkulasi darah, kekuatan otot, dan fleksibilitas tubuh.


Tidur yang cukup

Tidur yang cukup yaitu antara 7-9 jam permalam. Istirahat dan tidur berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Manfaat tidur yang cukup setiap hari antara lain tubuh lebih sehat dan terhidar dari penyakit yang beresiko tinggi akan kematian. Jam tidur yang kurang diduga meningkatkan risiko penyakit ginjal, jantung, stroke, tekanan darah tinggi, detak jantung tidak teratur, hormon stres naik, dan diabetes sehingga mempercepat kinerja virus yang berkembang didalam tubuh.


Terapkan gaya hidup sehat

Pada kondisi pandemi seperti sekarang, sangatlah disarankan bagi setiap orang untuk membangun daya tahan tubuh yang kuat. Pastikan keluarga selalu mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi dan vitamin secara teratur, dengan mengonsumsi 4 sehat 5 sempurna.


Mengikuti vaksinasi

Mengikuti vaksin yang telah disediakan pemerintah juga termasuk bentuk untuk mengurangi rantai penyebaran virus covid-19.


Kita semua harus menerapkan pola hidup sehat kepada keluarga kita supaya terhindar dari virus berbahaya seperti covid-19, terutama perhatikan jika dalam keluarga terdapat anak-anak dan orang yang sudah lanjut usia. Kita sebagai keluarga perlu waspada dan siaga. Jika Anda mendapati gejala batuk atau flu, demam > 380C, sakit tenggorokan, dan sulit bernapas pada anak Anda atau orang terdekat, segera bawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan cepat dan tepat.


Tim redaksi: Edukratif News



Previous Post Next Post