Mahasiswa KKN Kelompok 36 UIN Walisongo Lakukan Kunjungan Pada UMKM Batik Tulis Sekar Milik Ibu Siti Sa'adah Di Desa Kertomulyo

kali dibaca

Edukratifnews.com - Lima belas mahasiswa KKN Reguler Dari Rumah Angkatan 77 kelompok 36 UIN Walisongmelakukan kunjungan ke Batik Tulis Sekar milik ibu Siti Sa'adah yang berada di Desa Kertomulyo, Kecamatan Trangkil, Kabupaten Pati, pada 30 Oktober 2021.


Awal mula berdirinya Batik Tulis ini dikarenakan adanya Covid-19 dimana hampir semua sektor perdagangan mengalami penurunan penjual. Pemilik usaha batik tulis ini sebelumnya sudah menekuni bidang usaha makanan kecil yang daerah pemasarannya meliputi : Pati, Kudus, Jepara, Tayu, dan Semarang.


Karena adanya COVID-19, banyak pasar dan aset jalan yang di tutup oleh pemerintah sehingga pemilik batik tulis ini mempunyai ide untuk membuat usaha yang bisa dipasarkan secara online agar bisa bertahan hidup. Akhirnya muncul ide untuk membuat batik tulis dari pengalaman mengikuti pelatihan yang diadakan dinas, akhirnya mencoba untuk memulai usaha batik.


Hasil pertama dari membatik mencoba ditawarkan ke teman-teman terdekat dilingkup desa dan berawal dari situ, akhirnya banyak warga sekitar yang tertarik dengan hasil Batik Tulis Sekar tersebut. Setelah usaha itu mulai berjalan, pemilik batik mengangkat satu tenaga pemasaran untuk menjualnya ke desa-desa terdekat dan juga lewat media sosial. Saat kelompok KKN kami berkunjung ke Batik Sekar tersebut, penjualannya sudah terbilang berhasil.


Oleh; Mahasiswa KKN RDR 77 UIN WALISONGO
Tim redaksi: Edukratif News



Previous Post Next Post