Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang 2021 Gotong Royong Merenovasi Balai Dukuh Semin Wetan bersama Warga

kali dibaca

Edukratifnews/Inspirasi - Faqih Muhammad Fatar, anggota Kelompok 86 KKN Reguler dari Rumah ke-77 UIN Walisongo membantu merenovasi Balai Dukuh sebagai lanjutan program kerja individunya. Renovasi ini dikerjakan di Balai Dukuh Semin Wetan, Kecamatan Pundungsari, Gunung Kidul, terhitung mulai dari tanggal 25 Oktober 2021. Sebanyak  14 orang dari RT 05 / RW 01  ikut mengerjakan proyek renovasi ini. Renovasi ini dilakukan untuk menambah kapasitas ruang penyimpanan inventaris pada Balai Dukuh sekaligus mengganti tiang penyanggah utama dengan tiang baru agar lebih kuat.  


 “Sudah menjadi kebiasaan masyarakat mas. Ketika ada pembangunan sarana-sarana perdukuhan dikerjakan oleh warga secara swadaya dan gotong royong.” Tutur Muji, selaku Ketua RT 05. 


“Di sini warga menyebutnya kerja bakti. Sengaja dijadwal juga sehari satu RT, besoknya ganti lagi RT lain. Bergiliran.” Tambah Triadi, salah satu warga RT 05. 


Pada hari itu RT 05 mendapat bagian tugas mencetak tiang penyanggah utama dengan adonan cor. Di sisi lain terdapat tugas menyingkirkan bongkahan tembok lama yang telah dibongkar sedari kemarin. Faqih yang dalam perkuliahannya mengambil jurusan Pendidikan Agama Islam tak ragu mencoba dan turut serta membantu. Ia memindahkan bongkahan dari Balai Dukuh ke lapangan di depannya. Kemudian ia juga membantu membuat adonan cor untuk tiang penyanggah.


“Ini merupakan pengalaman berharga. Meski jauh dari jurusan saat kuliah, saya justru bersyukur bisa mendapat ilmu lain. warga sini juga ramah sehingga saya tidak merasa asing di sini.” Demikian yang diungkap Faqih. 


Kerja bakti ini dimulai dari pukul 8 pagi hingga pukul 4 sore. Namun pada jam 12 hingga jam 1 siang diberi jeda waktu untuk beristirahat. 



Iwan Bambang Wahyudi sebagai Dukuh Semin Wetan menuturkan, “Dari dulu ketika ada mahasiswa KKN di sini warga sangat terbantu. Bahkan dalam gotong royong pembangunan pun, walau mereka hanya datang mengobrol, karena mungkin berbeda dengan keterampilannya, warga sudah senang. Apalagi jika turut membantu terjun langsung ke lapangan.”

Rencananya renovasi Balai Dukuh ini akan digarap hingga kurang lebih sebulan ke depan. 


Penulis : Faqih Muhammad Fatar
Instansi : Kelompok 86 KKN Reguler 77 UIN Walisongo Semarang
Tim redaksi: Edukratif News



Previous Post Next Post