Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang 2021 Gotong Royong Membangun Gapura Dukuh Pelem Bersama Warga

kali dibaca

Edukratifnews.com/Inspirasi - Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu program unggulan UIN Walisongo Semarang yang diselenggarakan satu atau dua dalam satu semester. Salah seorang anggota Kelompok 86 KKN Reguler dari Rumah ke-77 UIN Walisongo Semarang, Wahyu Rizal Saputra membantu membangun Gapura Dukuh Pelem sebagai program kerja individu pengabdian masyarakat.


Pembangunan ini dikerjakan di pintu masuk RT 03 Dukuh Pelem, Kecamatan Pundungsari, Gunung Kidul, dimulai sejak tanggal 16 Oktober 2021. Adapun banyaknya warga yang ikut mengerjakan proyek ini lebih dari 20 orang  yang terdiri dari petani, buruh, dan ibu rumah tangga. Selain sebagai pemberi tanda pintu masuk dan tanda batas daerah, gapura juga berfungsi sebagai ungkapan selamat datang.

 

“Memang seperti ini biasanya mas, setiap ada pembangunan warga dengan suka rela bergotong royong membantu pembangunan” Tutur salah seorang warga yang ikut membantu pembangunan gapura.


Pada hari itu RT 03 mendapat bagian tugas menggali tanah dan memasang dasar gapura dengan batu granit.  Wahyu sebagai seorang mahasiswa UIN Walisongo yang mengambil jurusan Pendidikan Agama Islam turut berpartisipasi membantu kerja bakti warga. Ia mengambil cangkul dan ikut menggali tanah yang nantinya dijadikan sebagai tempat berdirinya gapura.



“Pengalaman seperti ini tidak saya temukan di bangku perkuliahan. Meskipun tidak sejalan dengan jurusan kuliah yang saya tempuh, namun pelajaran-pelajaran berharga seperti pengalaman bermasyarakat ini sangat penting bagi hidup saya” . Demikian kata Wahyu Mahasiswa KKN UIN Walisongo.

 

Rencananya kerja bakti pembangunan gapura akan berlangsung selama kurang lebih satu bulan dan telah dimulai dari tanggal 16 Oktober pukul 7 pagi hingga pukul 4 sore. Namun pada jam 12 hingga jam 1 siang warga biasanya pulang untuk beristirahat, makan, dan beribadah.


Bapak Jumino sebagai Kepala Dukuh Pelem menuturkan, “Kami sangat senang dan terbantu dengan bantuan yang diberikan mahasiswa KKN di sini. Meskipun kebanyakan dari mereka hanya datang mengobrol, namun kesediaan mereka untuk hadir sudah membuat warga senang.


Tim redaksi: Edukratif News



Previous Post Next Post