Tingkatkan Minat Berbahasa Asing, KKN UIN Walisongo Adakan Pendampingan Kelas Intesif Bahasa Arab

kali dibaca



Mahasiswa KKN RDR 77 mengadakan Kegiatan pendampingan Kelas Intensif Bahasa Arab yang bekerjasama dengan divisi bahasa pondok pesantren Darul Falah Besongo Semarang (06/11/2021).


Konsep dari pendampingan kelas intensif bahasa Arab ini di desain seperti halnya pembelajaran di Pare, Kediri. Kegiatan ini dilakukan setiap hari Sabtu Sore yang masing-masing kelas berisi 15 santri dengan durasi 1 jam setiap pertemuannya. Kelas intensif ini bertujuan agar santri lebih fokus belajar terutama dalam mempelajari bahasa Arab karena bahasa ini sangat dibutuhkan dalam lingkungan Pesantren terutama di pesantren Besongo yang terdapat kurikulum pembelajaran bahasa asing. 

“Kami mengucapkan terima kasih kepada anggota KKN karena mau mendampingi kami dalam belajar bahasa asing, selain itu materi nya juga sering kami gunakan seperti materi tentang ta’aruf (perkenalan)”, ungkap Yasrina Santri kelas 1 Pondok Pesantren Darul Falah Besongo.


Meskipun durasinya yang sedikit, tetapi melalui kegiatan ini diharapkan mampu menambah pengetahuan tentang bahasa Arab seperti menambah kosakata dan kata mutiara dalam bahasa Arab.


“Saya berharap dengan materi-materi sederhana yang telah dijelaskan seperti kosakata dan kata mutiara mampu menjadi bekal  para santri khususnya kelas 1 untuk dapat meningkatkan kemampuan dalam berbahasa Arab seperti kalam (berbicara), qiro’ah (membaca), dan keterampilan lainnnya”, ujar Umar pendamping kelas Intensif bahasa Arab.


Tim redaksi: Edukratif News




Previous Post Next Post