Timnas Jepang lolos ke Piala Dunia di Qatar Dari Negara Asia Ketiga Sekaligus ke-16 dunia

kali dibaca


Prestasi - Timnas Jepang menjadi negara Asia ketiga, sekaligus negara ke-16 yang lolos ke Piala Dunia di Qatar. Prestasi spektakuler tersebut diraih Jepang setelah mengalahkan Australia 2-0 di Stadium Australia, Sydney, Australia, Kamis, 24 Maret 2022.


Dua gol The Samurai Blue, julukan Timnas Jepang, dicetak Kaoru Mitoma pada menit ke-89 dan 94. Kaoru Mitoma masuk pada menit ke-84 menggantikan Ao Tanaka.


Bagi The Samurai Blue, ini adalah penampilan ketujuh secara beruntun di pesta sepak bola terbesar sejagad tersebut. Penampilan pertama pada Piala Dunia 1998 di Prancis, kemudian berlanjut pada Piala Dunia 2022 di Jepang-Korsel, Piala Dunia 2006 di Jerman, Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, Piala Dunia 2014 di Brasil, dan Piala Dunia 2018 di Rusia.


Dari enam penampilan sebelumnya di Piala Dunia, prestasi terbaik Jepang adalah mencapai babak 16 besar pada pada Piala Dunia 2022 di Jepang-Korsel, Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, dan Piala Dunia 2018 di Rusia.



Sementara itu, Jepang menjadi negara negara Asia ketigam yang lolos ke Piala Dunia di Qatar setelah Iran dan Korea Selatan (Korsel). The Samurai Blue sekaligus menjadi negara ke-16 yang lolos ke pesta sepak bola terbesar sejagad tersebut.


Ke-15 negara sebelumnya yang lolos, yakni tuan rumah Qatar, Iran, Korea Selatan (Zona Asia), Brasil, Argentina (Zona Amerika Selatan/CONMRBOL), Jerman, Belgia, Denmark, Spanyol, Prancis, Belanda, Kroasia, Swiss, Serbia, dan Inggris (Zona Eropa).


Pada babak pertama pertandingan antara Australia versus Jepang masih 0-0 pada babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar di Stadium Australia, Sydney, Australia, Kamis, 24 Maret 2022,


Jepang yang menurunkan formasi 4-3-3 mendapat peluang pertama pada menit ke-12 melalui usaha striker Takuma Asano. Namun, tendangan penyerang yang memperkuat klub VfL Bochum (Liga Jerman) masih melebar.



Striker Takuma Asano kembali mendapat peluang emas pada menit ke-24. Ia tinggal berhadapan dengan kiper Australia, Mathew Ryan tapi Takuma Asano tidak sempurna dalam mengontrol bola sehingga bola keburu disapu Mathew Ryan.


Australia sempat mencetak gol pada menit ke-25 tapi dianulir wasit karena lebih dulu terjadi pelanggaran pemain Australia kepada kiper Jepang, Shuichi Gonda.


Dua menit kemudian, atau pada menit ke-27, pemain sayap Jepang, Takumi Minamino nyaris mencetak gol. Memanfaatkan kemelut di depan gawang Australia, pemain Liverpool tersebut melepaskan tendangan mendatar ke tiang jauh tapi masih melebar.


Pada menit ke-30, sundulan Takumi Minamino yang meneruskan umpan silang Junya Ito membentur mistar gawang. Tujuh menit kemudian, Takumi Minamino kembali mendapat peluang emas tapi kali ini tendangannya lagi-lagi membentur mistar gawang.


Pada laga kali ini, Pelatih Jepang, Hajime Moriyasu menurunkan formasi ofensif (menyerang), yakni 4-3-3. Formasi ofensif tersebut terbukti ampuh saat mengalahkan Arab Saudi 2-0 pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar Zona Asia di Stadion Saitama, Jepang, 1 Februari 2022.


Bedanya, kali ini juru taktik berumur 53 tahun tersebut menurunkan bek tengah, sekaligus kapten tim, Maya Yosihida sebagai starter. Ia menggantikan posisi Shogo Taniguchi.


Padahal, duet bek tengah Shogo Taniguchi (Kawasaki Frontale/Liga Jepang) dan Ko Itakura (Schalke/Liga Jerman) sangat solid, terutama saat mengalahkan Arab Saudi 2-0.


Dengan absen cukup lama, terlihat penampilan Maya Yosihida kurang mengesankan. Pemain berumur 33 tahun tersebut sering melakukan kesalahan dalam mengumpan.


Sementara itu, Pelatih Australia, Graham Arnold menurunkan formasi berbeda dibandingkan saat bermain imbang 2-2 melawan Oman, 1 Februari 2022.


Jika melawan Oman menggunakan formasi 4-5-1, kali ini melawan Jepang dengan formasi 4-4-2. Ia menempatkan dua striker, yakni Ajdin Hrustic dan Mitchel Duke.


Hal itu diperkirakan Australia ingin mencetak gol ke gawang Jepang. Selain itu, juga untuk meredam serangan Jepang dari sisi sayap yang dimotori Takumi Minamino (Liverpool) dan Junya Ito (Genk).


Terbukti, Ausralia bisa meredam serangan Jepang pada babak pertama sehingga skor 0-0 bertahan hingga turun minum.


Memasuki babak kedua, Ausralia melakukan pergantian pemain dengan menarik gelandang Conor Metcalfe, digantikan Jeggo. Sementara, dari kubu Jepang belum ada pergantian pemain.


Kedua tim lebih bermain terbuka pada awal babak kedua. Intensitas permainan semakin meningkat hingga pertengahan babak kedua. Kaoru Mitoma masuk pada menit ke-84 menggantikan Ao Tanaka akhirnya mencetak dua gol kemenangan Jepang pada menit ke-89 dan 94.


Sumber: pikiran-rakyat.com


Pasang Iklan: Klik Disini

Tulis Komentar

Previous Post Next Post