Berbagai Hal Unik yang Hanya Bisa Kamu Rasakan Jika Tinggal di Pedesaan

kali dibaca


Edukratif News - Beberapa hal unik ini akan terjadi bila kamu hidup di pedesaan, karena sangat berbeda dengan kehidupan di kota.


Walaupun hidup di kota adalah sebuah tujuan untuk sebagian besar orang. Karena memang menawarkan segudang fasilitas.


Seperti lapangan pekerjaan, pendidikan, tempat hiburan, dan lain sebagainya. Tapi, hidup di kota ini tak selalu nyaman, karena beberapa masalah seperti kemacetan, keramaian, dan polusi akan kamu temui setiap hari di kota. 


Lain halnya bila kamu hidup di daerah pedesaan. Memang banyak orang yang mengatakan bahwa hidup di desa cukup membosankan.



Padahal, kehidupan di desa tak seburuk apa yang dipikirkan oleh orang-orang. Kamu akan memperoleh kenyamanan yang tak akan bisa diperoleh bila hidup di perkotaan.


Nah, berikut adalah ulasan tentang hal unik hidup di pedesaan seperti dirangkum VIVA dari berbagai sumber. 


1. Akses jalan yang berbeda dengan kota

Jalan di pedesaan sangat berbeda dengan jalan yang ada di kota-kota besar. Pemandangannya menggulung pepohonan dan persawahan. Jika kamu  berada di kota, mungkin kamu bisa mengagumi gedung-gedung tinggi. Di desa, tidak ada hal seperti itu. Namun, jalan-jalan di desa itu sepi dan sunyi. Kalaupun berisik, itu hanya karena satu atau dua motor telah dimodifikasi sedemikian rupa sampai mengeluarkan bunyi yang sangat keras. Ini benar-benar mengganggu memang. Seringkali sepeda motor ini digunakan oleh remaja sebagai tren saat ini. Intinya, jalan-jalan di desa jarang sekali macet. Ini memungkinkan kamu untuk bepergian dengan cepat. Di sudut kecil desa, jalan belum sepenuhnya diaspal. Masih banyak jalan menuju gang rumah yang masih beralaskan tanah. Padahal, saat cuaca panas tidak ada masalah, namun saat hujan jalan tanah licin dan kotor.



2. Suhu yang dingin

Jangan heran jika kamu pergi ke desa dan menemukan airnya yang sangat dingin. Apalagi di pagi hari seperti air es saja. Tapi airnya alami, jernih, dan tawar. Sebagian besar masyarakat di desa ini masih menggunakan air sumur untuk kebutuhan air mereka. Bahkan tak jarang yang memanfaatkan dari mata air terdekat. Oleh karena itu, ketika kamu membutuhkan air, seperti mandi, maka harus menggunakan ember untuk mengambilnya. Ini melelahkan tetapi sepadan dengan kualitas air yang akan didapatkan.



3. Hemat

Hidup di pedesaan lebih akan lebih terjangkau daripada tinggal di kota-kota besar. Karena kebanyakan orang yang hidup di desa memiliki pekerjaan sampingan, yaitu bertani. Jadi, jika hanya untuk makan sayur atau bumbu, orang biasanya menggunakan hasil panen sendiri. Hemat uang, bukan? Bahkan, bila kamu ingin makan sayuran atau buah-buahan, tinggal petik saja. Namun demikian, suasana pedesaan yang sejuk dan tenang tidak mungkin ditemui di perkotaan. Selain lingkungan yang masih asri, masyarakat di desa ini juga sangat ramah. Ini adalah kenyamanan yang sangat langka ditemukan di wilayah perkotaan.



4. Masyarakat desa yang lebih ramah

Orang-orang di desa ini dikenal sebagai orang yang sangat ramah. Selain itu, semangat solidaritas masyarakat desa sangat tinggi. Oleh karena itu, masyarakat desa sering mengadakan kegiatan gotong royong.


Acara ini bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan antar warga sehingga seluruh masyarakat desa bisa saling dekat satu sama lain. Kamu mungkin tidak mendapatkan kenyamanan seperti ini di kota-kota, di mana orang-orang pada umumnya cenderung lebih individualis.



5. Pemandangan alam yang indah

Kenyamanan ini adalah sesuatu yang tidak bisa kamu dapatkan di kota. Di desa, kamu akan melihat pemandangan alam yang sangat indah. Dari sawah hijau yang tak berujung, pemandangan gunung hingga matahari terbenam di desa. Bisa dibilang pemandangan indah ini gratis. Karena kamu tidak perlu pergi sejauh orang kota untuk mendapatkan pemandangan desa yang indah.



6. Memiliki kualitas hidup yang lebih sehat

Kualitas hidup masyarakat pedesaan umumnya lebih sehat dibandingkan masyarakat perkotaan. Karena kualitas udara di desa ini sangat bersih. Selain itu, masyarakat desa menggunakan bahan-bahan yang diperoleh langsung dari alam sekitar.


Pola hidup yang sehat tersebut akan membuat masyarakat desa banyak yang berumur panjang. Meskipun sudah lanjut usia, masyarakat di pedesaan jarang terkena penyakit yang berbahaya.


Sumber: viva.co.id


Edukratif News - Good News for Better Life


Pasang Iklan: Klik Disini
Previous Post Next Post