Porseni Siswa Madrasah Ibtidaiyah Se Kabupaten Pati di Gembong 2023

kali dibaca

Penulis : Imam Muhlis Ali*

Gembong-Pati (18/10/2023)


Ratusan siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) dari seluruh Kecamatan di Kabupaten Pati memadati Kecamatan Gembong untuk mengikuti Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) MI yang berlangsung dari Selasa – Rabu (17-18/10/2023).


Pesertanya dari perwakilan tiap Kecamatan di Kabupaten Pati. Diambil dari Juara 1 tiap-tiap lomba. Jumlah Kecamatan di Kabupaten.Pati ada 21 Kecamatan. 


Ada 23 cabang lomba Olahraga dan Seni. Tetapi yang berhak maju di tingkat Provinsi hanya 19 cabang lomba. Yakni 4 cabang Olahraga yaitu Catur Putra dan Putri dan lomba Seni  Kaligrafi Putra dan Putri.



Hal tersebut dijelaskan panitia menjelang pengumuman hasil juara lomba. Dalam hal ini kepanitian tidak menjelaskan alasan rincinya.


Ditambahkan oleh panitia, untuk lomba Porseni tingkat Provinsi Jawa Tengah tidak selalu tiap tahun, bisa dua tahun sekali. Namun untuk tingkat Kabupaten Pati tentu tiap tahun diselenggarakan.



"Diharapkan tiap Madrasah Ibtidaiyah Se Kabupaten Pati terus bersemangat, berusaha keras dan berjuang sekuat tenaga untuk melatih putra-putri madrasah khususnya perlombaan Olahraga dan Seni", tutur salah satu panitia.


Selanjutnya untuk piala bergilir juara umum, pialanya akan menetap di Kecamatan itu bila telah juara umum tiga kali berturut-turut. Seperti tahun kemarin Kecamatan Winong yang juara umum selama tiga kali. 



Untuk tuan rumah lomba Porseni tahun 2023 ini ditunjuk Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Islam Kecamatan Gembong. Kecamatan Gembong sendiri masuk dalam Kawedanan Pati. 


Selain di komplek.Madrasah, lokasi lomba tersebar di berbagai tempat. Salah satu official lomba mengatakan senang dengan acara Porseni di Gembong. "Senang bisa ikut kesini".


Terlihat saat pembukaan acara lomba berjalan baik dan banyak official dan peserta lomba memenuhi tempat pembukaan sekaligus penyerahan piala. Bahkan saat akan diumumkan hasil lomba, beberapa penampilan anak-anak bersholawat menghibur yang hadir.         


*Kesiswaan MI Darun Najah Ngemplak Kidul-Margoyoso-Pati

Tulis Komentar

Previous Post Next Post