MI Darun Najah Menyelenggarakan Pesantren Kilat Ramadhan

kali dibaca


Margoyoso, Pati (27/03/2024) - Madrasah Ibtidaiyah Darun Najah Desa Ngemplak Kidul Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati menyelenggarakan Program Pesantren Kilat di Bulan Ramadhan. Kali ini di laksanakan pada pertengahan Bulan Ramadhan. 


Teknis pelaksanaannya adalah pihak Lembaga Madrasah mengadakan rapat terlebih dahulu dengan Dewan Guru. Dibahas tujuan dan manfaat Pesantren Kilat ini. Termasuk bagaimana respon orang tua Siswa-siswi itu sendiri. 


Selanjutnya disusun jadwal, waktu, materi praktek kegiatan dan petugas atau yang mengisi agenda tersebut. disiapkan juga draft dana anggaran. tidak kalah pentingnya mengantisipasi perubahan mendadak karena berbagai hal dan penyiapan Plan B dan C. 



Intinya Pesantren Kilat Ramadhan ini nantinya bisa berdampak nyata bagi generasi ke depan, minimal anak-anak mengerti arti kesederhanaan, hidup mandiri, bertanggungjawab sendiri, berdisiplin dalam kegiatan, bergaul baik dengan sesama dan yang tidak kalah pentingnya generasi diberikan alternatif kegiatan selain sibuk main game Hand Phone. 


Pesantren Kilat Ramadhan adalah kegiatan mendalami ilmu agama islam dengan cepat atau secara kilat dengan cara Siswa-siswi menginap beberapa hari di Gedung Sekolah, Madrasah atau Lembaga Islam yang berisi dengan pendalaman-pendalaman ilmu agama islam. Kegiatan ini biasanya ditemui di saat bulan Ramadhan saja. 


Adapun tujuan dari kegiatan Pondok Pesantren Ramadhan ini adalah melatih dan membimbing siswa dalam kegiatan keagamaan (ibadah) selama Bulan Ramadhan seperti sholat dhuha, sholat tahajud, sholat tarawih, sholat witir, tadarus al-qur an, sahur, berbuka puasa, mendengarkan kisah – kisah islami dan lainnya. 



Secara keseluruhan, pondok pesantren dapat memberikan pendidikan holistik yang mencakup aspek agama, moral, akademik, dan sosial. Dengan memasukkan anak-anak ke dalam lingkungan pondok pesantren, orang tua dapat memastikan mereka mendapatkan pendidikan yang seimbang dan terintegrasi.


Banyak manfaat yang akan didapatkan saat mengikuti pesantren kilat ini yakni :

1. Mendapatkan Ilmu Keagamaan yang Lebih mendalam. Biasanya, materi-materi yang diberikan saat pesantren kilat seperti membaca Al-Qur'an, praktik wudhu, sholat, tayamum, adzan, menghafal surat-surat pendek, dan ayat-ayat pilihan, doa-doa, mendengarkan ceramah, dan berdiskusi tentang keislaman.


2. Mempererat silaturahmi dengan teman. Dengan mengikuti kegiatan ini peserta juga bisa bertemu dan belajar bersama dengan teman-teman sekolah. Seperti berkenalan dengan kakak-kakak kelas, atau peserta lain disekolah. Selain itu, tidak menutup kemungkinan juga akan menemukan hal-hal baru dari kegiatan ini.


3. Menanamkan kemandirian Peserta Pesantren Kilat seperti menata sendiri kebutuhan pribadinya, mengatur jadwal mandi, mencuci pakaian sendiri, mencuci piring sendiri, dan semua bertanggungjawab sendiri. 


4. Semakin fasih dan lancar membaca Al-Qur'an. 


5. Mendapatkan penilaian tersendiri dari Guru dan Orang Tua. 


Ayo berlatih "Mondok Pesantren  Gak Mondok Gak Keren". 


Kontributor Informasi : Imam Muhlis Ali, Kesiswaan Madrasah Ibtidaiyah Darun Najah, Ketua Panitia Pesantren Kilat Ramadhan.

Tulis Komentar

Previous Post Next Post